WhatsApp tak Bisa Diakses, Maintenance Internal atau Diserang?

WhatsApp tak Bisa Diakses, Maintenance Internal atau Diserang?
Ilustrasi (pam)

WJtoday, Bandung - Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara seretak di berbagai negara di dunia. Berdasarkan pantauan hingga Senin (4/10/2021) dini hari, aplikasi medsos tersebut masih sulit untuk diakses.

Tak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, laporan yang masuk soal datang dari berbagai negara di dunia.

Saat penayangan berita ini ada sekitar 70 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down sendiri ada sekitar 60 ribuan.

Untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1,691 dan 2,984 laporan yang masuk.

Untuk mengirim teks ataupun foto via WhatsApp tidak ada yang bisa terkirim, hanya terlihat gambar jam, yang artinya tidak terkirim atau berstatus menunggu. Sementara feed di Instagram pun tidak bisa di refresh dengan tulisan "couldn't refresh feed."

 Hal ini terjadi karena kemungkinan masalah pada DNS (Domain Name System). Sejumlah pengguna disarankan untuk memeriksa apakah ada kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan di bilah alamat.

"Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics," demikian pesan yang muncul saat membuka laman Facebook.

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan "Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti."

Saat ini, situs .onion Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.  ***