Waspada! Covid-19 di Jabar Naik 50,6%, Kota Bandung Melesat 267,5%

Waspada! Covid-19 di Jabar Naik 50,6%, Kota Bandung Melesat 267,5%
Waspada! Corona di Jabar Naik 50,6%, Kota Bandung Melesat 267,5%
Wjtoday, Bandung -  Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Hal ini terkonfirmasi dari angka kasus positif per hari yang menyentuh angka 1000 ke atas.

Beberapa provinsi yang ada yang di Indonesia menujukkan perkembangan kasus yang meningkat. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada pada potensi penularan virus corona.

Tim Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mencatat jumlah kasus Covid-19 di provinsi Jawa Barat terus meningkat.

Anggota tim pakar Satgas COVID-19 Dewi Nur Aisyah mengungkap terjadinya lonjakan kasus corona di Jawa Barat. Pemda dan masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan.

"Di pekan terakhir terjadi peningkatan kasus yang cukup besar yaitu sebesar 50,6 persen di Jabar," kata Dewi dalam diskusi virtual di BNPB, Senin (10/8).

Dewi menjelaskan, ada beberapa kabupaten/kota yang menyumbangkan kasus tertinggi. Salah satunya kota Bandung.

"Kita lihat ada Kota Bandung naik 267,5 persen, Kabupaten Bandung naik 164,4 persen, Cirebon naik 10 kali lipat, Cimahi, dan Kota Sukabumi," ungkap Dewi.

Dewi menyebut ini sebagai alarm atau peringatan untuk Pemda di Jabar. Mereka diimbau menggalakkan lagi kampanye protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan.

"Ini adalah alert atau sebuah sinyal untuk Pemda menginvestigasi ada fenomena apa dan penanganannya agar lebih baik," tutur dia.

Dewi menjelaskan, faktor utama penyebab kasus corona melonjak adalah laju penularan yang tinggi. Lalu, ditemukannya klaster baru.

"Biasanya dilihat dari yang pertama laju penularan yang tinggi. Jadi ada yang positif kemudian belum ditracing dia sudah keburu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Yang kedua ada klaster barukah. Dan yang ketiga jumlah tes yang ditingkatkan," ungkap Dewi.***