Warga Sumedang Diminta Waspada Potensi Bencana Pergerakan Tanah

Warga Sumedang Diminta Waspada Potensi Bencana Pergerakan Tanah
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang memperingatkan masyarakat untuk tetap waspada masih akan terjadinya pergerakan tanah pada musim kemarau ini, selain potensi kebakaran hutan dan lahan. (ilustrasi: pr)

WJtoday, Sumedang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang memperingatkan masyarakat untuk tetap waspada masih akan terjadinya pergerakan tanah pada musim kemarau ini, selain potensi kebakaran hutan dan lahan.

Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumedang Adang mengatakan berdasarkan informasi dari BMKG meskipun bulan Aguatus ini puncak musim kemarau tapi masuknya kemarau basah, artinya sewaktu waktu masih ada hujan. 

"Sehingga di musim kemarau basah ini air masih tembus ke lapisan tanah bawah yang bisa menyebabkan terjadinya pergerakan tanah," jelas Adang, Kamis (4/8/2022).

Berdasarkan informasi  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, 26 Kecamatan di Sumedang masuk dalam wilayah potensi gerakan tanah pada bulan Agustus 2022 dengan katagori menengah tinggi. 

"Memang tidak semua desa di 26 Kecamatan ini masuk potensi pergerakan tanah, tetapi di setiap kecamatan dipastikan ada desa atau wilayah yang memiliki potensi terjadinya pergerakan tanah," ujarnya.

Atas hal tersebut lanjut dia, pihak BPBD sendiri telah memberitahu ke setiap kecamatan untuk senantiasa tetap waspada akan terjadinya pergerakan tanah ini.

Iapun berharap semua lapisan masyarakat dapat berperan aktif dalam upaya antisifasi bencana dan segera lapor bila ada gejala gejala yang mencurigakan sebelum bencana terjadi.   ***