Wamenkes: Kasus Naik karena Varian yang Menular di Semua Usia

Wamenkes: Kasus Naik karena Varian yang Menular di Semua Usia
Ilustrasi Uji Klinik (istock)

WJtoday, Jakarta - KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengatakan peningkatan kasus Covid-19 yang tinggi akhir-akhir ini diakibatkan mobilitas penduduk dan adanya varian yang menular di semua usia.

"Analisis kami menunjukkan bahwa peningkatan ini dipengaruhi oleh pertama mobilitas penduduk pada saat liburan Lebaran kemarin dan adanya variant of concern virus yang penularannya lebih cepat di segala usia," kata Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam Webinar "SRIKANDI: Sistem Pengolahan Data Uji Klinik yang Lengkap dan Fleksibel", Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Diungkapkannya,  Indonesia saat ini sedang menghadapi gelombang tinggi kasus Covid-19 setelah titik terendahnya di Mei 2021, di mana pada 24 Juni 2021, tercatat penambahan harian kasus mencapai lebih dari 20.000 kasus. Itu merupakan angka tertinggi hingga saat ini.

Baca juga: Covid-19 di Indonesia 25 Juni: Bertambah 18.872, Total Menjadi 2.072.867 Kasus

Untuk itu, dalam menanggulangi peningkatan kasus tersebut, pemerintah menyiapkan tiga strategi utama yaitu 3T, vaksinasi, dan protokol kesehatan.

Upaya 3T mencakup tindakan melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment).

"Mari kita semua membantu dalam upaya untuk melaksanakan ketiga hal tersebut secara efektif secara integratif dan bersama-sama sebagai kewajiban kita selaku komunitas bernegara dan berbangsa," imbau Dante.

Dante mengajak semua masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.  ***