Wali Kota sebut Permasalahan Sampah di Cirebon Perlu Terus Diperbaki

Wali Kota sebut Permasalahan Sampah di Cirebon Perlu Terus Diperbaki
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan akan memberikan penghargaan bagi semua orang yang mampu mengendalikan sampah, dari hulu hingga hilir, agar permasalahan sampah bisa teratasi. (ilustrasi: tribun news)

WJtoday, Cirebon - Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan akan memberikan penghargaan bagi semua orang yang mampu mengendalikan sampah, dari hulu hingga hilir, agar permasalahan sampah bisa teratasi.

"Kami akan memberikan reward bagi yang bisa melakukan pengendalian sampah," ujar Azis di Cirebon, Rabu (10/8/2022).

Menurut Azis, permasalahan sampah di Kota Cirebon memang belum bisa dikatakan baik, karena masih perlu terus diperbaiki, agar dapat menjadi lebih baik lagi.

Karena kata Azis, sampah perlu diatasi dengan maksimal, dan jangan sampai anak cucu nantinya mewarisi sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Untuk itu Azis, mengatakan akan memberikan penghargaan bagi siapa saja yang mampu mengelola sampah dengan baik, mulai dari hulu hingga hilir.

"Kalau sampah tidak dikelola dengan baik, maka akan menjadi warisan yang tidak baik bagi anak cucu kelak," ujarnya. 

Dikemukakannya pula, penanganan sampah juga membutuhkan sinergi yang selaras dalam mengatasinya.

Dia juga menjelaskan, satu dari banyak upaya pihaknya untuk menangani sampah dalam rangka menjaga keseimbangan lingkungan, yaitu dengan program bank sampah.

Bukan hanya itu, regulasi daerah berupa perda juga sudah tersedia. Di dalamnya mengatur sanksi bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan.

"Masyarakat harus lebih peduli dan menyadari bahwa sampah adalah persoalan yang harus diselesaikan bersama-sama," tegas Azis.

Karena itu, pihaknya akan mengatur kembali regulasi terkait penanganan sampah, karena sampai saat ini belum dilakukan dengan baik, padahal itu sangat penting

"Kami mencoba kembali mengatur regulasi terkait penanganan sampah, khususnya dari hulunya," tutup Azis.  ***