Wali Kota Bandung Minta Bansos Segera Disalurkan

Wali Kota Bandung Minta Bansos Segera Disalurkan
Bantuan beras yang disiapkan Pemkot Bandung bagi warga terdampak PPKM Darurat. (pam)

WJtoday, Bandung - WALI Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku sangat sedih dengan kondisi saat ini. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah banyak membuat warga Kota Bandung menjadi sengsara.

Ia mengatakan, mengaku hampir setiap hari menerima keluhan dari warga tentang beratnya perjuangan hidup di saat pandemi. Bahkan saat membaca pesan yang masuk ke ponsel pribadinya, hatinya begitu teriris mengetahui banyak sekali warganya yang tak memiliki uang sepeserpun untuk makan.

“Dua HP (handphone) Mang Oded, setiap malam mau tidur bahkan subuh pun saya baca. Miris hati saya mendengar keluhan dari warga. Tentu saja mereka merupakan bagian dari tanggung jawab Mang Oded selaku wali kota,” kata Oded di sela-sela penyerahan Bantuan Sosial PPKM Darurat 2021 bagi warga terdampak secara simbolis di Pendopo Kota Bandung, Senin (19/7/2021).

Beberapa kali Oded terlihat menyeka matanya dan raut kesedihan juga sangat tampak di wajahnya. Beberapa kali juga ia tak kuasa berkata, kalimat yang keluar dari mulutnya beberapa kali terdengar terbata-bata.

Wali kota mengatakan, sangat bersyukur Pemkot Bandung tetap bisa memberikan bantuan meski dengan keterbatasan anggaran. “Pemkot Bandung harus bisa menyampaikan pertanggungjawabannya kepada masyarakat. Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik, hari ini kita bisa mengeksekusi,” katanya.

Pada program Bansos PPKM Darurat 2021, Pemkot Bandung menganggarkan Rp30 miliar. Bantuan ini untuk menolong masyarakat yang betul-betul terdampak.

Baca juga: Pemkab Cianjur Salurkan Bansos bagi Warga Terdampak PPKM Darurat

Sebanyak 60.000 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) akan menerima uang tunai sebesar Rp500.000. Di luar itu, di masa PPKM Darurat ini sebanyak 108.457 KPM akan menerima bantuan beras yang bersumber dari APBN, masing-masing KPM akan mendapat 10 Kg beras.

Wali kota meminta Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung beserta aparat kewilayahan untuk bergerak cepat dan tidak lambat dalam menyalurkan bantuan tersebut.

“Mang Oded titip pesan secepatnya ini dieksekusi, jangan lambat. Walaupun dana yang diberikan ini nilainya tidak seberapa. Jangan lihat nilainya, tapi ini sebagai bentuk upaya kami,” sebutnya.

Di masa pandemi Covid-19, wali kota terus mengajak warganya terutama yang mampu dan memiliki ekonomi berkecukupan untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama. 

“Covid-19 ini merupakan sebuah momentum untuk dijadikan sebagai ajang berbuat kebaikan, dan mendekatkan diri dengan sang pencipta,” tuturnya.

Menurutnya, berbagi bisa dengan cara apapun baik itu dengan tenaga, pikiran, dan materi. Dengan berbagi dan bekerja sama, ia meyakini permasalahan pandemi ini bisa tertangani dengan baik.  ***