Viral Nakes Jual Surat Swab di Dalam Bus Tanpa Tes, Ini Kata Polda Jambi

Viral Nakes Jual Surat Swab di Dalam Bus Tanpa Tes, Ini Kata Polda Jambi

WJtoday, Jambi - Seorang wanita terekam tengah berdiri di dalam bis. Dalam video tersebut tampak wanita yang menggunakan alat pelindung diri (APD) itu sedang membagikan surat dan kartu tanda penduduk (KTP) milik penumpang.

Wanita tersebut diduga 'menjual' surat bebas Covid-19 kepada penumpang bus. Dalam video berdurasi 1 menit 34 detik itu, tampak wanita berdiri di samping kursi sopir bus. Ada sejumlah kertas yang diduga surat bebas Covid-19 di tangan wanita itu.

Dia memanggil nama-nama dan menyerahkan kertas diduga surat bebas Covid-19. Terlihat juga ada e-KTP yang diserahkan bersamaan dengan kertas tersebut.

Baca Juga : Viral Nakes Jual Surat Swab Rp90 Ribu di Dalam Bus Tanpa Tes

Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jambi, Kombes Kaswandi Irwan, mengatakan video viral itu terjadi di wilayah Km 33, tepatnya di kawasan Lampung Tengah, Lampung, Jumat (23/7). Ada warga Jambi di dalam bus itu yang hendak pergi ke DKI Jakarta.

Ia pun membantah bahwa telah terjadi transaksi jual-beli surat bebas dari Covid-19. Wanita berbaju azmat itu hanya membagikan hasil swab antigen.

"Bukan jual beli surat bebas swab. Terhadap penumpang dilakukan test swab. Setelah swab diberikan surat keterangan hasil swab" ujarnya, Rabu (28/7/2021).

Namun, dia tidak tahu adanya proses pembayaran hasil swab antigen di dalam bus. Sebab, kejadian itu tidak di Jambi.

Selain itu, Kaswandi juga tidak bisa memastikan keaslian surat tersebut. Polda Lampung yang berwenang untuk menyelidikinya.

"Yang pastikan Polda Lampung, bukan kita. Yang jelas, penumpang dilakukan swab di posko pemberhentian. Setelah itu menunggu hasil swab keluar di dalam bus. Dan kertas yg di sodorkan itu adalah hasil swab," pungkasnya.***