Villarreal Juara Liga Europa, Sukses Kalahkan MU Lewat Drama Adu Penalti

Villarreal Juara Liga Europa, Sukses Kalahkan MU Lewat Drama Adu Penalti

Wjtoday – Final Liga Europa  2020/2021 antara  Villarreal melawan Manchester United tersaji di Stadion Energa Gdansk, Polandia, Kamis 27 Mei 2021, dini hari WIB. Di laga tersebut, Villarreal menang 11-10 melalui drama adu penalti. setelah David de Gea gagal mencetak gol

Villarreal dan Man United menurunkan tim terbaiknya di pertandingan ini. Selepas kick off, MU langsung mengambil inisiatif melancarkan serangan. Sedangkan, Villarreal coba bermain defensif sambil sesekali melakukan serangan balik demi membongkar pertahanan MU.

Pertandingan memasuki menit ke-7, MU sudah mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Akan tetapi, sepakan Scott McTominay usai menerima Marcus Rashford masih melebar ke kanan gawang Villarreal.

Menit 20, MU kembali memperoleh peluang. Sayangnya, tembakan kaki kiri yang dilepaskan Luke Shaw setelah memanfaatkan umpan silang Aaron Wan-Bissaka masih belum menemui sasaran yang diinginkan.

Tiga menit berselang, giliran Villarreal yang memiliki peluang. Akan tetapi, sundulan Pau Torres usai menerima umpan indah dengan teknik rabona dari Carlos Bacca masih melayang di atas mistar gawang MU.

Petaka menimpa MU saat pertandingan memasuki menit ke-29. Gerard Moreno sukses menaklukkan David De Gea lewat sontekannya usai memanfaatkan umpan tendangan bebas yang dilepaskan Dani Parejo.

Dalam waktu yang tersisa di babak pertama, MU terus menggempur pertahanan Villarreal. Namun, sejumlah peluang yang didapatkan The Red Devils belum ada yang membuahkan hasil.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, Villarreal sukses mengamankan keunggulan tipis mereka atas MU dengan skor 1-0.

Usai jeda, MU tetap bermain agresif seperti babak pertama. Sementara itu, Villarreal berupaya meningkatkan kedisiplinan mereka dalam menjaga pertahanan agar bisa mempertahankan keunggulan.

Upaya MU untuk mencetak gol penyeimbang akhirnya terwujud pada menit 55. Memanfaatkan kemelut yang terjadi di dalam kotak penalti Villarreal, Edinson Cavani yang lolos dari jebakan offside sukses melesakkan bola dan membuat skor menjadi 1-1.

MU nyaris berbalik unggul saat laga memasuki menit ke-70. Sayangnya, sepakan Marcus Rashford usai memaksimalkan umpan silang Bruno Fernandes masih melenceng ke sebelah kiri gawang Villarreal.

Di sisa waktu yang ada, baik MU maupun Villarreal sama-sama melakukan serangan sporadis demi mencetak gol tambahan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Duel pun terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Di babak adu penalti, Gerard Moreno, Dani Raba, Alcacer, Alberto Moreno, Daniel Parejo, Moi Gomez, Raul Albiol, Coquelin, Mario Gaspar, Pau Torres hingga Rulli sang kiper juga sukses jadi algojo untuk Villarreal. 

Di kubu Man United, Mata, Alex Telles, Bruno Fernandes, Rashford, Cavani, Fred, James, Shaw, Tuanzebe, dan Lindelof sukses menjalankan tugasnya. 

Namun, De Gea yang turut jadi penendang gagal mengeksekusi penalti dengan baik setelah berhasil digagalkan oleh Geronimo Rulli. 

Hasil ini membuat Villarreal sukses mengunci gelar Liga Europa 2020/2021. Selain itu, keberhasilan ini juga membuat Villarreal lolos ke fase grup Liga Champions musim depan.

Susunan pemain

Villarreal: Geronimo Rulli (PG); Raul Albiol, Pau Torres, Juan Foyth (Mario Gaspar 88'), Alfonso Pedraza (Alberto Moreno 88'); Dani Parejo, Etienne Capoue, Manu Trigueros (Moises Gomez 77'), Yeremi Pino (Paco Alcacer 77'); Carlos Bacca (Francis Coquelin 60'), Gerard Moreno.

Manchester United: David De Gea (PG); Eric Bailly, Victor Lindelof, Aaron Wan-Bissaka, Luke Shaw; Scott McTominay, Paul Pogba, Bruno Fernandes; Edinson Cavani, Marcus Rashford, Mason Greenwood.***