PON XX PAPUA

Update Perolehan Medali PON: Jabar Masih Kokoh di Puncak

Update Perolehan Medali PON: Jabar Masih Kokoh di Puncak
Ilustrasi (pam)

WJtoday, Bandung - Kontingen Pekan Olagraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 Jawa Barat (Jabar) hingga Jumat (8/10/2021) sore masih bertahan jadi pemuncak klasemen perolehan medali sementara.

Kontingen Bumi Parahyangan bertengger teratas dengan berhasil mengoleksi 63 medali emas, 58 perak, 65 perunggu.

Di urutan kedua untuk sementara diduduki oleh Kontingen Jawa Timur, yang mengoleksi 57 emas, 47 medali perak, dan 44 perunggu.

Sementara Provinsi DKI sementara berada di posisi ketiga dengan berhasil mengoleksi 56 medali emas, 48 perak, dan 58 medali perunggu.

Sebanyak 31 medali berhasil disumbangkan atlet Kabupaten Bekasi yang membela kontingen Provinsi Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sampai hari ketujuh sejak ajang itu dibuka pada 2 Oktober 2021.

"Perjuangan belum berakhir, optimistis atlet kita masih akan mendulang banyak medali untuk Jawa Barat hingga PON ditutup pada 15 Oktober nanti," kata Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan saat dihubungi di Papua, Jumat (8/10).

Reza mengatakan dari total 90 atlet binaan Kabupaten Bekasi dalam kontingen Jawa Barat beberapa di antaranya sudah bertanding dan terbukti mampu menunjukkan prestasi dengan raihan medali.

"Hasil analisa hari ini, atlet-atlet kami menjadi ladang medali bagi Jawa Barat guna memuluskan langkah menuju Jabar Kahiji (Jabar kesatu) atau meraih predikat Juara Umum PON Papua," katanya. 

Kontingen dayung Jawa Barat kokoh di puncak perolehan medali sementara setelah pada pertandingan nomor rowing, di teluk Youtefa, Kota Jayapura, Jumat (8/10), menyumbangkan enam medali emas dan dua perunggu tambahan.

Enam emas yang diraih Jabar masing-masing melalui nomor Lightweight Men's single Sculls (LM1X), Pairs (M2-), Lightweight Women's Double Sculls (LW2X), Men's Quadruple Sculls (M4X), Women's Double Sculls (W2X), dan Men's Eight (M8+).

Secara total, Jawa Barat sudah mengumpulkan 14 emas, 7 perak, dan 6 perunggu hingga Jumat pukul 18.00 WIT dari nomor canoeing dan rowing. Jabar berpeluang menambah pundi-pundi emas di nomor perahu naga yang akan digelar mulai Minggu.  ***


Tabel 12 Besar Perolehan Medali PON XX Papua 2021