Update Covid-19 Nasional: Bertambah 3.444 Kasus Baru.

Update Covid-19 Nasional: Bertambah 3.444 Kasus Baru.
Update Covid-19 Nasional: Bertambah 3.444 Kasus Baru.
WJtoday, Bandung - Pemutakhiran jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia pada hari Minggu (6/9/2020) ini dilaporkan bertambah sebanyak 3.444 kasus baru. Dengan demikian, secara total sudah mencapai 194.109 kasus.

Dilaporkan pula dari jumlah kumulatif tersebut, sebanyak 138.575 orang dinyatakan sembuh dan 8.025 orang lainnya meninggal dunia.

Sedangkan jumlah pasien sembuh bertambah 2.174 orang, sementara pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia bertambah 85 orang.

Tercatat pula hingga hari ini masih ada 89.701 orang suspek corona. Sementara spesimen yang diperiksa hari ini sebanyak 27.979.

Pemutakhiran data berdasarkan pembaruan dari Satuan Tugas Covid-19 di Kementerian Kesehatan RI yang diakses dari situs kemkes.go.id, pada Minggu (6/9/2020) pukul 15.30 WIB

Sementara pada Sabtu (5/9/2020) kemarin, jumlah kasus positif sebesar 190.665 orang sejak awal kasus diumumkan pemerintah 2 Maret lalu. Sebanyak 136.401 orang di antaranya dinyatakan sembuh, sementara 7.940 orang meninggal dunia.

Kasus positif virus corona di Indonesia masih terus bertambah dari hari ke hari. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa tidak ada wilayah yang aman di Indonesia meski zona hijau sekalipun.

Meski demikian, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pandemi Covid-19 di Indonesia masih relatif terkendali dibandingkan dengan negara lain.


Pernyataan Jokowi ditepis beberapa epidemiolog. Epidemiolog Universitas Airlangga, Windhu Purnomo mengatakan penyebaran virus corona tak terkendali dengan melihat pergerakan kurva selama enam bulan ini.

Menurut Windhu, angka pertambahan kasus positif dan pasien meninggal dunia yang masih tinggi menunjukkan pemerintah belum optimal menekan laju kasus Covid-19 di hulu melalui testing dan penelusuran kontak erat. 

Sementara Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono menyarankan pemerintah agar lekas menerapkan lockdown lantaran jumlah kasus sudah lebih dari 180 ribu. Menurutnya, langkah itu tepat jika ingin benar-benar menekan laju penularan virus corona.

Sebaliknya, dalam 6 bulan melawan pandemi, sejumlah upaya dan kebijakan yang dilakukan pemerintah mengklaim telah membuahkan hasil dalam menekan persebaran virus Covid-19. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito saat menjawab pertanyaan media dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (3/9/2020), memaparkan sejumlah pencapaian tersebut. Seperti mengeluarkan kebijakan sistem zonasi guna melakukan penetapan dan pengendalian wilayah. 

Zona yang dibuat merujuk pada sistem kebencanaan. Yaitu zona merah mewakili daerah berisiko tinggi, zona oranye mewakili daerah berisiko sedang, zona kuning mewakili daerah berisiko rendah dan zona hijau mewakili daerah tidak terdampak atau tidak ada kasus.

"Pemerintah juga telah menambah jumlah laboratorium testing, dari 1 menjadi lebih dari 300 laboratorium di seluruh Indonesia, dari 12 kementerian lembaga yang berbeda. Demikian juga rumah sakit rujukan kini telah berkembang lebih dari 800 rumah sakit baik di tingkat nasional, maupun tingkat provinsi," jelasnya.  ***