Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata
ilustrasi./WJtoday

WJtoday, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Upacara berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu (10/11/2021). 

Upacara peringatan Hari Pahlawan ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Pantauan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki lapangan upacara pada pukul 08.09 WIB dan didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Masih dalam suasana pandemi Covid-19, peserta upacara dan pejabat negara yang hadir wajib menjaga jarak, menggunakan masker, dan dibatasi jumlah yang hadir.

Jokowi dan Ma'ruf kompak tiba di mimbar upacara

Dalam upacara, Jokowi tampak mengenakan setelan jas warna biru tua, kemeja putih, dasi biru tua, peci hitam dan masker berwarna coklat. Ditemani Ma'ruf di sampingnya, Wakil Presiden tampak mengenakan setelah jas berwarna abu-abu, kemeja putih, dasi merah, peci hitam dan masker hitam. 

Perlahan Jokowi dan Ma'ruf berjalan menuju area upacara, menyusuri karpet merah yang terbentang.

Setelah Jokowi tiba di mimbar, pemimpin upacara pun melaporkan akan segera memulai upacara. Lalu, Jokowi mempersilakan upacara untuk dimulai.

"Laksanakan," kata Jokowi.

Penghormatan kepada para pahlawan

Kemudian, upacara dilanjutkan dengan memberi penghormatan kepada arwah para pahlawan. Pasukan upacara yang terbatas jumlahnya mulai mengangkat senjata sebagai tanda penghormatan.

Usai memberi penghormatan, rentetan acara berikutnya adalah mengenang peristiwa 10 November beberapa puluh tahun lalu. Bunyi sirine yang cukup lama terdengar dan suasana terlihat hikmat. Setelah itu, mengheningkan cipta yang dipimpin Jokowi.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ujar Jokowi dan langsung menundukkan kepala, diikuti peserta upacara lainnya.

Menag Yaqut pimpin pembacaan doa untuk para pahlawan

Acara berikutnya yaitu peletakan karangan bunga yang dilakukan oleh Jokowi. Setelah meletakkan karangan bunga, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas.

"Wahai Tuhan yang menggaristakdirkan kepahlawanan, wahai Tuhan yang menganugerahkan kemenangan melalui perjuangan, wahai Tuhan yang merajut Nusantara dalam bingkai kebangsaan, rahmati para pendahulu kami dengan ridho dan ampunan," ucap Yaqut.

"Wahai Tuhan yang mengajarkan kesetiaan. Wahai Tuhan yang menghias pribadi-pribadi mulia dengan kesabaran. Wahai Tuhan yang memerintahkan manusia untuk bersyukur sesama manusia, sebagaimana Engkau memerintahkan kami untuk memuja-Mu dan mencipta alam raya. Tegur kami dengan kelembutan rahmat-Mu jika kami tak pandai bersyukur atas anugerah bernama Indonesia Merdeka," tambahnya.