Unggah Foto Editan Anies Baswedan dengan Koteka, #RuhutLanggarUUITE Menggema di Twitter

Unggah Foto Editan Anies Baswedan dengan Koteka, #RuhutLanggarUUITE Menggema di Twitter
Unggah Foto Editan Anies Baswedan dengan Koteka

WJtoday, Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ruhut Sitompul membuat netizen naik pitam usai mengunggah foto meme berwajah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di akun Twitternya. Ruhut diduga melakukan aksi rasis karena foto meme yang diunggah di akun Twitter pribadinya @ruhutsitompul menampilkan wajah Anies yang menggunakan pakaian adat khas Papua berikut kotekanya.

Ruhut juga dinilai netizen telah melanggar SARA karena menyinggung etnis Papua dan Betawi lewat captionsnya. 

"Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh," tulis Ruhut di akun twitternya @ruhutsitompul.

Hingga berita ini ditulis, setidaknya sudah ada 1.918 netizen yang berkomentar, 582 Retweet dan 309 nebyukai di postingan Ruhut tersebut. 

Sejumlah netizen pun mengecam postingan politikus yang terkenal "kutu loncat".

"@ruhutsitompul. Ini dah Rasis yaa. Ngapain sebut2 orang Betawi," komentar akun J.T @DarkNig***

"@ruhutsitompul. Sungguh anda TIDAK BERPENDIDIKAN. Oom & bibi saya dari ayah asli Papua. Keluarga saya ada di Papua. Kalau tak tau tentang Papua lbh baik diam," tulis akun @IMRONBI**.

"@ruhutsitompul BODOH X INI BA*** SATU…. NGERI DIMANA? ITU PAKAIAN TRADISIONAL ORANG… KALAU KAU BILANG NGERI, BRARTI SAMA SAJA KAU MENGHINA ORANG HITAM DENGAN PAKAIAN TRADISIONAL NYA DONG. AWAS KENA SOMASI LAGI KAU TAK. ADA2 SAJA NI ORTAXS," tulis akun @agusrandom***

Bahkan seorang netizen mengingatkan kemungkinan terjadinya konflik antarsuku karena postingan Ruhut.

"Hati2 konflik horizontal dg warga suku batak di tanah papua gara2 cuitanmu ini bang! Kami org papua tidak pernah mengusik anda!!" ujar akun @FitriRumod**

Postingan Ruhut pun berbuntut panjang. Netizen menyerukan hastag #RuhutLanggarUUITE yang menjadi trending topic di Twitter pada Kamis (12/5/2022).

Tagar Ruhut Langgar UU ITE Menggema

Tagar (tanda pagar) #RuhutLanggarUUITE kini menggema di twitter. Hingga berita ini diterbitkan sudah 2.148 cuitan terkait tagar tersebut.

“@ruhutsitompul Bacot elu rasis, ngaku Pancasila, Merah Putih, NKRI harga mati tapi otaknya kebencian dan rasis jadi disini paham kan siapa yang “jual” duluan,” tulis akun @agomala.

"Hey, poltak… apa yg salah dgn pakaian adat papua? lgpula itu foto editan, Klopun bnr dlm foto ini Anies menggunakan koteka, dimana letak kesalahannya utk menghormati adat Papua? hingga bisa ko anggap itu sesuatu yg pantas ditertawakan? begini kelakuan ko yg ngaku paling NKRI?," tulis akun @nung_306

“Inalillahi… Anda benar2 melewati batas!!!. Anda pikir pakaian Sdr2 Papua adalah bahan untuk olok2 anak bangsa lainnya???. Mana jiwa nasionalis dan NkRI yg kamu gembar gemborkan itu????. Mental PolitikusBejat!!!!,” beber @darwoto1212.***