Ukur Kompetensi dan Potensi, BKPSDM Gelar Assesment 100 PNS Pemkab Bekasi

Ukur Kompetensi dan Potensi, BKPSDM Gelar Assesment 100 PNS Pemkab Bekasi
BKPSDM Kabupaten Bekasi melaksanakan Assesment Preferensi Kompetensi dan Potensi PNS tahun 2022, diselenggarakan secara hybrid di ruang Command Center, Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Senin, 1/8/2022. (humas pemkab bekasi)

WJtoday, Kab Bekasi - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bekasi melaksanakan Assesment Preferensi Kompetensi dan Potensi PNS tahun 2022, diselenggarakan secara hybrid di ruang Command Center, Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Senin (1/8/2022).

Pelaksanaan agenda Assesment ini merupakan tindaklanjut dari surat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor: 1225/KPG.03.01/Bangtur tanggal 11 Juli 2022, dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Jawa Barat serta meningkatkan profil manajemen talenta untuk memetakan preferensi kompetensi dan potensi PNS demi mewujudkan kualitas SDM yang profesional dan berdaya saing.

Kepala BKPSDM Kabupaten Bekasi Abdillah Majid mengatakan, kegiatan yang dijalankan dari BKD Jabar ini merupakan upaya untuk mengukur kompetensi dan potensi 100 PNS dalam menjalankan kerja pemerintahan di lingkungan Pemkab Bekasi.

"Kegiatan ini sifatnya sampai sejauh mana dari staff untuk melakukan analisis-analisis yang berguna dalam melakukan kerja pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi," jelas Abdillah di sela-sela kegiatan assesment.

Kegiatan tersebut, terangnya merupakan tindaklanjut dari assesment yang diprakarsai oleh BKD Provinsi Jawa Barat dan diselenggarakan oleh Pemkab Bekasi selama dua hari, pada Senin dan Selasa (1-2 Agustus 2022).

"Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Bekasi melaksanakan assesment yang diikuti 100 orang, dibagi dua hari dan dibagi 4 sesi, hari ini dua sesi dengan masing-masing sesi 25 orang, sampai besok, semua pesertanya dari staff yang ada di Pemerintah Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Assesment ini, terang Abdillah, rencananya akan dilanjutkan pada gelombang selanjutnya, tetapi menunggu informasi dari BKD Provinsi Jawa Barat.

"Itu kiat-kiat dari Provinsi Jawa Barat, nanti informasi dari Provinsi, dari BKD-nya. Materinya seperti biasa kita sistem CAT, yang itu ada uji kemampuan, mental, akhlak juga dan pengetahuan yang sifatnya ilmiah," sebut Abdillah. 

Dia berharap kegiatan assesment yang dilaksanakan dapat menambah kemampuan para PNS, baik dari sisi kinerja maupun kepribadiannya.

"Mudah-mudahan para peserta bisa mampu menerjemahkan program-program yang ada di pemerintah daerah dan juga kemampuan inteligensi dari masing-masing peserta," tandasnya.  ***