Uji Coba PTM 36 SD Negeri dan Swasta di Kota Bogor Dimulai Pekan Ketiga Oktober

Uji Coba PTM 36 SD Negeri dan Swasta di Kota Bogor Dimulai Pekan Ketiga Oktober
ilustrasi Pelaksanaan Prokes ./twitter

WJtoday, Bogor - Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) 36 sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Bogor direncanakan dimulai pada pekan ketiga Oktober 2021. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Hanafi mengatakan masih menunggu lampu hijau dari Satgas Covid-19 untuk menggelar PTM tingkat SD.

"Tanggal pastinya masih menunggu Satgas Covid-19, kami baru rencana," kata Hanafi seperti dikutip antara, Rabu (13/10/2021).

Dinas Pendidikan Kota Bogor telah melaksanakan verifikasi faktual kelayakan sekolah, sebelum mengajukan rencana PTM tingkat SD kepada Satgas Covid-19. Dari 280 sekolah dasar di Kota Bogor, baru 13 persen yang lolos verifikasi faktual uji coba PTM gelombang pertama. Kota Bogor memiliki 211 SD negeri dan 69 SD swasta.

Ke-36 sekolah yang akan mengikuti uji coba PTM itu akan menjadi menjadi sampel yang terukur bagi sekolah lain. Hanafi mengatakan pada uji coba ini, Dinas Pendidikan akan mengawasi tingkat kedisiplinan sekolah, komite, siswa dan orang tua menjalankan protokol kesehatan.

Hingga saat ini juga belum ada kebijakan pemerintah pusat atas usulan DPRD Kota Bogor untuk melaksanakan vaksinasi anak di bawah 12 tahun.

Menurut Hanafi, jangan sampai masalah tersebut menghalangi semangat siswa SD belajar kembali di sekolah.
Dalam uji coba PTM tingkat SD itu, Hanafi mengatakan tantangannya adalah ketertiban siswa SD menerapkan protokol kesehatan. Dalam pelaksanaan uji coba PTM gelombang satu di Kota Bogor, orang tua tidak diperbolehkan menunggu di sekolah, melainkan hanya antar dan jemput.***