Ugas Hanya Butuh Latihan Dua Minggu untuk Bungkam Nama Besar Pacquiao

Ugas Hanya Butuh Latihan Dua Minggu untuk Bungkam Nama Besar Pacquiao
Yordenis Ugas berhasil menang angka atas Manny Pacquiao pada perebutan juara dunia kelas welter versi WBA, Minggu, 22/8/2021. (espn)

WJtoday, Bandung - Yordenis Ugas hanya membutuhkan dua pekan berlatih untuk membungkam nama besar Manny Pacquiao dalam duel perebutan sabuk juara WBA super kelas welter, Minggu (22/8/2021) siang waktu Indonesia.

Ugas mengumumkan persiapan melawan Pacquiao ketika diwawancara usai mempertahankan sabuk juara.

"Kami hanya punya dua minggu untuk latihan, tetapi saya mendengar nasihat tim saya dan itu semua terbukti," sebut Ugas.

Petinju asal Kuba itu merupakan pengganti dari Errol Spence Jr. yang sebelumnya dijadwalkan menghadapi Pacquiao. Spence Jr. kemudian diketahui mengalami cedera mata dan Ugas pun tampil menghadapi Pacman.

"Saya sangat senang, tetapi yang terpenting, saya ingin berterima kasih kepada Manny Pacquiao yang memberi saya kesempatan di atas ring hari ini," ujar Ugas dikutip dari ESPN.

"Sekarang rencananya adalah menyatukan gelar di kelas welter. Errol Spence ada di dalam daftar selanjutnya. Saya berdoa dia lekas sembuh," sambungnya.

Ugas tampil cukup cerdik saat melawan Pacquiao yang agresif selama 12 ronde. Petinju berusia 35 itu lebih banyak bertahan menghadapi lawannya sang veteran yang pernah meraih berbagai gelar juara di lebih dari satu kelas.

Catatan jumlah pukulan yang dilepas Ugas pun lebih sedikit ketimbang Pacquiao, namun Ugas menyarangkan lebih banyak pukulan akurat.

Dengan double cover yang solid, Ugas menyulitkan Pacquiao. Selain bertahan, Ugas pun berupaya bermain sabar sambil mencuri kesempatan dengan pukulan straight, jab, dan hook memanfaatkan jangkauan yang lebih panjang ketimbang Pacquiao.

Gaya counter boxing yang dilatih selama dua pekan terbukti dengan kemenangan angka 115-113, 116-112, dan 116-112.  ***