UAS, Habib Rizieq Kalahkan Puan Maharani di Survei Capres 2024

UAS, Habib Rizieq Kalahkan Puan Maharani di Survei Capres 2024
Ustadz Abdul Somad, Puan Maharani dan Habib Rizieq

Wjtoday, Jakarta - Nama Ketua DPR RI Puan Maharani baru-baru ini kembali menjadi sorotan. Pasalnya, elektabilitas Puan sebagai calon presiden lebih rendah dari Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Rizieq Shihab.  

Hal itu diketahui melalui hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dilakukan pada 3 hingga 8 Februari 2021 lalu.

Hasilnya, survei PPI juga menunjukkan elektabilitas penceramah kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) melejit, bahkan mengalahkan nama-nama seperti Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Jatim Khohfifah Indarparawansa, serta mantan pemimpin FPI Habib Rizieq.

UAS mendapatkan elektoral sebesar 1,6% mengungguli Mahfud MD 1,5%, padahal UAS sendiri dikenal sebagai pendakwah dan tak pernah menduduki jabatan politik apa pun

Sedangkan pentolan FPI Habib Rizieq Shihab memiliki elektabilitas sebesar 0,8 persen. Puan yang juga merupakan Ketua DPP PDIP dan berkecimpung di dunia politik justru hanya mendapat elektabilitas 0,7 persen.

Tak hanya PPI yang melakukan survey, berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru Elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) juga lebih rendah dari Habib Rizieq Shihab (HRS).

Hal itu diketahui berdasarkan survei bertajuk "Evaluasi Publik Terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024.  Berdasarkan hasil survei itu, HRS mendulang suara sebesar 0,7% dari responden. Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Puan Maharani yang terjun dalam dunia politik lebih lama hanya meraih 0,1% suara responden.

Dalam survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait Pemilihan Presiden Survei dilakukan LSI dengan metode wawancara lapangan pada 25-31 Januari 2021 itu pun dinilai menunjukkan bahwa ketokohan Puan Maharani belum berpengaruh.

Survei elektabilitas itu dilakukan terhadap 29 nama yang responden dibebaskan untuk menyebutnya. Dari hasil tersebut, Prabowo Subianto memperoleh suara paling unggul dari responden sebesar 22,5%.

Kemudian, Ganjar Pranowo membayangi dibelakang Prabowo dengan raihan 10,6%, Anies Baswedan 10,2%, Basuki Purnama Tjahaja (Ahok) 7,2%, Sandiaga Salahudin Uno 6,9%, Tri Rismaharini 5,5%, Ridwan Kamil 5%, AHY 4,8.

Sedangkan, nama lain mendapat kurang dari 3% suara, dan belum menjawab 10.4%.

"Sekarang dua hal menonjol menjadi alasan utama, paling tidak sampai Januari 2021. Memilih presiden itu dianggap memiliki personality tegas dan berwibawa, kemudian memiliki perhatian pada rakyat, ketiga jujur dan bersih dari KKN, pintar dan berpendidikan," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, saat memberikan paparan hasil survei LSI, yang ditayangkan di akun YouTube LSI, Senin (22/2).***