Trik-trik Berikut Bisa Dilakukan Agar Daging Kurban Cepat Empuk

Trik-trik Berikut Bisa Dilakukan Agar Daging Kurban Cepat Empuk
Ilustrasi (youtube)

WJtoday, Bandung - HARI Raya Iduladha diperingati dengan menyembelih dan mengonsumsi daging kurban. Daging kurban berasal dari hewan ternak seperti sapi, kambing, dan kerbau.

Anda dapat membuat daging kurban ini menjadi berbagai menu makanan. Namun, pastikan Anda mengolahnya terlebih dahulu agar daging tak alot atau keras. Berikut empat trik mudah membuat daging kurban lembut dan empuk.

1. Marinasi dengan Nanas
Sebelum memasak daging kurban, marinasi terlebih dahulu dengan potongan nanas atau nanas yang sudah dihancurkan.

Melansir Recipe Tips, nanas adalah bahan yang sangat baik untuk memarinasi daging karena mengandung pemecah protein alami. Nanas mengandung enzim bromelin yang bisa memecah protein, membuat daging lebih lunak.
  
Cara marinasi daging dengan nanas dapat dilakukan melumuri atau merendam daging dengan potongan nanas kurang lebih selama 30 menit sampai dua jam sebelum memasaknya. Jangan merendam terlalu lama karena bisa mengubah tekstur daging.

Cara marinasi daging dengan nanas dapat dilakukan melumuri atau merendam daging dengan potongan nanas kurang lebih selama 30 menit sampai dua jam sebelum memasaknya. Jangan merendam terlalu lama karena bisa mengubah tekstur daging.

2. Daging Dibungkus Daun Pepaya
Selain dengan nanas, daun pepaya juga bisa membuat daging empuk. Trik membuat daging kurban lembut dengan daun pepaya dapat dilakukan dengan membungkus daging dengan daun tersebut.

Kandungan enzim papain di daun pepaya dapat melunakkan daging. Cukup bungkus daging dengan daun pepaya kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, daging siap diolah.

Cara ini sudah banyak dilakukan sejak lama untuk menyiapkan daging, terutama daging sapi dan kambing, untuk kemudian diolah menjadi sate atau dipanggang.

3. Daging Dibubuhi Tepung Maizena
Anda bisa menggunakan tepung maizena membuat daging lebih lembut. Bubuhkan tepung maizena pada daging dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, sisihkan tepung jagung yang masih menempel pada daging. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengolah daging kambing.

4. Daging Dimasak Menggunakan Sendok
Pernah terpikir bagaimana sebuah steak di restoran mewah bisa sangat krispi di luar tapi lembut di dalam? Salah satu caranya adalah memasak dengan menggunakan sendok.

Butuh kesabaran untuk menerapkan teknik yang satu ini. Teknik memasak ini juga biasanya digunakan untuk memasak daging sapi tenderloin. Jika Anda mendapat daging sapi tebal dengan sedikit lemak, maka Anda bisa menggunakan cara ini.

Cara memasak daging sapi dengan sendok yang benar. Pertama, panaskan sedikit minyak dalam wajan anti lengket, kemudian panggang daging yang sudah dibumbui dengan garam.

Saat satu bagian daging sudah berwarna kecoklatan, kecilkan api, balik daging, tambahkan margarin, rosemary, dan satu siung bawang putih. Kemudian 'mandikan' daging Anda dengan minyak yang tersisa di wajan menggunakan sendok. Lakukan hal ini hingga Anda mendapatkan kematangan daging yang diinginkan.  ***