Timsus akan Lakukan Ekshumasi dan Autopsi Jenazah Brigadir J, Besok Pagi

Timsus akan Lakukan Ekshumasi dan Autopsi Jenazah Brigadir J, Besok Pagi
Timsus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal melakukan proses penggalian makam (ekshumasi) dan autopsi terhadap jenazah Brigadir J pada Rabu (27/7/2022) pagi. (kompas.com)

WJtoday, Jakarta - Tim khusus (Timsus) bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal melakukan proses penggalian makam (ekshumasi) dan autopsi terhadap jenazah Brigadir J pada Rabu (27/7) pagi.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan rencananya proses ekshumasi atau penggalian jenazah Brigadir J akan dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB.

"Rencananya pukul 07.30 WIB mulai ekshumasi," jelasnya ketika dikonfirmasi, Selasa (26/7).

Setelahnya, jenazah Brigadir J akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar untuk diautopsi. Jaraknya dua kilometer dari lokasi pemakaman.

Proses autopsi tersebut sedianya akan dilakukan oleh tim dokter forensik yang terdiri dari Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI), Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, dan Pusdokkes Polri.

Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menyiagakan 330 personel untuk kawal pengamanan prosesi autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J yang rencananya akan dilakukan besok, Rabu (27/7).

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan, hal tersebut dilakukan agar prosesi autopsi ulang dapat berjalan lancar dan memberikan rasa nyaman kepada pihak keluarga Brigadir J.

"Semua proses akan dikawal dengan baik agar bisa berjalan dengan kondusif dan lancar," jelas Mulia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/7).

Petugas kepolisian yang bertugas itu merupakan tim gabungan dari Polda Jambi dan Polres Muaro Jambi. Setidaknya ada beberapa lokasi yang menjadi fokus pengamanan dari tim gabungan tersebut.

"Sebanyak 330 Personel yang ditugaskan akan ada berada di Rumah duka, pemakaman, RSUD Sungai Bahar dan Polsek Sungai Bahar," tuturnya.

Mulia mengatakan pengamanan tersebut akan dilakukan pihaknya mulai Selasa (26/7) hari ini, hingga Kamis (28/7) mendatang.

Dalam kasus ini, polisi menyebut Brigadir J tewas dalam insiden saling tembak dengan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7). Peristiwa itu baru diungkap pada Senin (11/7). ***