Tiga Pasangan Calon Bupati di Pilkada Karawang Deklarasikan Patuh Protokol Kesehatan

Tiga Pasangan Calon Bupati di Pilkada Karawang Deklarasikan Patuh Protokol Kesehatan
Tiga Pasangan Calon Bupati di Pilkada Karawang 2020 Deklarasikan Patuh Protokol Kesehatan
WJtoday, Karawang - Tiga bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Karawang melaksanakan deklarasi patuh protokol kesehatan dalam rangka Pilkada Karawang 2020.

Deklarasi yang digelar pada Kamis (10/9) di Polres Karawang ini diikuti oleh para bakal calon seperti Cellica Nurrachadiana bersama Aep Syaepulloh, Ahmad Zamakhsyari dan Yusni Rinzani.

Namun untuk pasangan Yesi Karya Lianti justru hadir sendiri tanpa di dampingi oleh pasangan Ahmad Adly Fairuz. Belum diketahui penyebab ketidakhadiran Adly  dalam deklarasi itu.

Tak hanya pasangan calon, sejumlah petinggi partai pengusung setiap pasangan calon pun juga hadir baik itu dari Demokrat, PKS, Golkar, PDI-P, hingga PKB. Mereka juga turut menandatangani deklarasi kepatuhan protokol kesehatan itu.

“Kami dari Polres, Kejari, KPU, Bawaslu, Kejaksaan, dihadiri oleh MUI, tokoh agama, tokoh masyarakat para calon Bupati dan Wakil Bupati sepakat untuk dalam pelaksanaan dalam setiap tahapan Pilkada dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” ungkap Kapolres Karawang, AKBP Arif Rachman Arifin, Kamis (10/9).

Menurut AKBP Arif, sebagaimana hasil rapat koordinasi yang telah dilakukan sebelumnya bahwa protokol kesehatan wajib diterapkan bagi seluruh masyarakat termasuk juga bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Karawang yang akan maju di Pilkada 2020.

“Jadi protokol kesehatan ini dapat diterapkan tidak hanya bagi pasangan calon namun juga diterapkan oleh para tim sukses dan para pendukung setiap pasangan calon,” katanya.

Terkait jika adanya pelanggaran yang terjadi saat massa Kampanye nanti, Arif mengatakan hingga saat ini masih akan dilakukan pembahasan lebih lanjut lagi sesuai dengan aturan yang akan diterapkan.

Arif menyebutkan pada  saat massa kampanye nanti, pemantauan protokol kesehatan Covid-19 akan dilakukan lebih ketat lagi dengan melibatkan oleh TNI Polri, Bawaslu Panwas, Kejaksaan, hingga Satpol PP.

“Kalau untuk tahapan kampanye terkait pembatasan itu nanti akan disampaikan secara resmi oleh KPU, karena sudah ada PKPU,” ujarnya.

Usai mendeklarasikan kepatuhan protokol kesehatan, setiap pasangan calon menandatangani dan mengucapkan janji yang telah disepakati bersama. Adapun janji yang di ucapkan itu terdiri dari dua poin.

Pertama, “Kami para calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang tahun 2020 sepakat bersama-sama melaksanakan setiap tahapan Pilkada 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan pada setiap penetapan Pilkada sesuai dengan peraturan yang berlaku demi terselenggaranya Pilkada serentak 2020 yang aman dan sehat”.

Kedua, “Kami para calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang tahun 2020 akan mengarahkan tim sukses pemenangan dan seluruh pendukung serta simpatisan untuk mematuhi protokol kesehatan pada setiap penetapan Pilkada 2020”.

Setelah mengucapkan dua poin tersebut, secara simbolis Polres Karawang membagikan masker kepada pasangan calon yang di bagikan oleh Polres, KPU, Bawaslu hingga MUI.***