Test Menurun, WHO: Dunia Semakin Buta Tentang Penularan Covid

Test  Menurun, WHO: Dunia Semakin Buta Tentang Penularan Covid
Test Menurun, WHO: Dunia Semakin Buta Tentang Penularan Covid (mural covid)

WJtoday, Jenewa   - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26/4) mengatakan bahwa dunia "semakin buta" terhadap penyebaran virus corona karena tingkat pengujian semakin menurun.

Untuk itu, dia mendesak negara-negara untuk tetap mempertahankan langkah pengawasan infeksi virus corona.

"Karena banyak negara mengurangi pengujian, WHO semakin sedikit menerima informasi tentang penularan dan urutannya," kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers di markas besar PBB di Jenewa.

"Ini membuat kita semakin buta terhadap pola penularan dan evolusi (virus corona)," ujarnya.

WHO juga memperingatkan bawah pandemi Covid-19 belum berakhir. WHO menyebut pandemi belum selesai meskipun jumlah kasus dan kematian Covid-19 secara global terus menurun.

“Pekan lalu, lebih dari 15.000 kematian terkait virus corona dilaporkan ke WHO, total mingguan terendah sejak Maret 2020,” kata Tedros

Kepala eksekutif FIND Bill Rodriguez mengatakan "tingkat pengujian (COVID) telah anjlok 70 hingga 90 persen". FIND adalah sebuah kelompok bantuan global yang bekerja dengan WHO untuk memperluas akses ke pengujian Covid-19.

"Kami sebelumnya memiliki kemampuan yang belum pernah dimiliki sebelumnya untuk mengetahui apa yang terjadi. Namun hari ini, karena pengujian telah menjadi korban pertama dari keputusan global untuk menurunkan kewaspadaan, kami menjadi buta terhadap apa yang terjadi dengan virus ini," kata Rodriguez.***