BMKG

Termasuk Jabar, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah

Termasuk Jabar, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah
Ilustrasi (okezone.com)

WJtoday, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir atau kilat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Sabtu (21/8/2021) .

Wilayah yang diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat, di antaranya Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
 
Kemudian hujan sedang hingga lebat juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Selain itu, wilayah Provinsi Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan juga berpotensi hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang maupun petir atau kilat.

Ada pun kondisi cuaca di keempat kota penyangga Jakarta, BMKG menginformasikan cuaca cerah berawan akan menaungi wilayah Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang pagi ini.

Namun, Siang hari hujan ringan akan turun di sebagian besar daerah penyangga tersebut, yakni Bekasi, Depok, dan Bogor.

Bahkan dilaporkan berpotensi hujan disertai kilat dan angin kencang di sejumlah titik dan sebagian kota di Jawa Barat.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hingga menjelang malam hari di wilayah Kota Depok, Kab Bogor, Kota Bogor, Kab Sukabumi, Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Garut, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Purwakarta, Kab Karawang, Kab Indramayu, Kab Cirebon dan Kab Subang," ungkap peringatan dini cuaca BMKG.

BMKG juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi kebakaran lahan di Nusa Tenggara Timur (NTT). ***