Coppa Italia

Inter Milan Juarai Coppa Italia 2021-2022

Inter Milan Juarai Coppa Italia 2021-2022

WJtoday, Jakarta - Internazionale Milan menjuarai Coppa Italia 2021-2022, usai kalahkan Juventus di laga final. Lewat drama perpanjangan waktu yang juga diwarnai dua tendangan penalti dengan skor akhir 4-2 di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (12/5/2022) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Nerazzurri --julukan Inter-- unggul cepat lewat aksi Nicolo Barella dari luar kotak penalti pada menit ke 6 usai menerima umpan Brozovic. Skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Juventus membalas lewat aksi Alex Sandro pada menit 50. Sepakannya dari luar kotak penalti mengejutkan Handanovic. Gol yang memicu semangat para pemain Bianconeri.

Benar saja, selang dua menit anak asuh Massimiliano Allegri berbalik unggul lewat gol Dusan Vahovic. Handanovic sempat memblok tendangan pertama Dusan, namun tak kuasa di kesempatan kedua. Skor 2-1, Juve berbalik unggul.

Inter sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Hakan Calhanoglu pada menit 80. Penalti diberikan setelah Lautaro Martinez dilanggar oleh Leonardo Bonucci di kotak terlarang. Skor 2-2 hingga waktu normal 90 menit, dan laga harus dilanjutkan lewat babak tambahan waktu.

Anak asuh Simone Inzaghi unggul kembali lewat penalti Ivan Perisic pada menit 99. Penalti diberikan setelah wasit meninjau VAR dan menyatakan pelanggaran Mathijs De Ligt terhadap pemain pengganti yang masuk di babak kedua Carlos Correca.

Perisic yang mengeksekusi penalti sukses menaklukan Mattia Perin. Bola mengarah ke pojok kanan, sementara Perin bergerak ke kiri. Skor menjadi 2-3 untuk Inter.

Tak berselang lama, Perisic kembali mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol spektakuler di luarkotak penalti, Menerima sodoran Federico Dimarco, striker asal Kroasia itu melepaskan tendangan keras kaki kiri yang menaklukkan Perin untuk keempat kalinya. Skor menjadi -2-4.

Babak kedua perpanjangan waktu tak ada lagi gol tambahan di final tersebut. Inter sukses merengkuh gelar Coppa Italia usai mengalahkan Bianconeri dengan skor akhir 2-4.

Inter meraih gelar Coppa Italia ke 8 sepanjang sejarah. Satu gelar lagi menyamakan pencapaian Rima yang sudah meraih 9 gelar. Juventus sendiri gagal menjadi juara yang ke 15 kali, gelar terbanyak di Coppa Italia sejauh ini.

Susunan pemain:

Juventus (4-4-2): 36-M. Perin, 3-G. Chiellini, 6-Danilo, 12-Alex Sandro, 4-M. de Ligt, 11-J. Cuadrado, 25-A. Rabiot, 28-D. Zakaria, 10-P. Dybala, 20-F. Bernardeschi, 7-D. Vlahovic. 
Pelatih: M. Allegri.

Inter1-S. Handanovic, 36-M. Darmian, 6-S. de Vrij, 33-D. D'Ambrosio, 37-M. Skriniar, 14-I. Perisic, 77-M. Brozovic, 20-H. Çalhanoglu, 23-N. Barella, 9-E. Džeko, 10-L. Martínez. 
Pelatih: S. Inzaghi.***