Tagline 'Makin Berani' Energi Baru Kabupaten Bekasi

Tagline 'Makin Berani' Energi Baru Kabupaten Bekasi
Pj Bpati Bekasi Dani Ramdan. (ist)

WJtoday, Kab Bekasi - Angin kemarau yang berhembus di Bulan Agustus, menerpa bendera merah putih dan umbul-umbul yang berjajar di pinggir jalan, membuatnya berkibar semakin lepas. Seakan memberi semangat kepada semua penduduk negeri untuk kembali bangkit, setelah dua tahun dilanda pandemi. 

Meredanya wabah Covid-19 yang berkecamuk dua tahun ke belakang, memunculkan euforia ketika semua orang ingin membuat acara, berkumpul, berlomba dan bersuka ria merayakan 77 tahun Indonesia merdeka. 

Bagi penduduk Kabupaten Bekasi, semangat merayakan 17 Agustusan, terasa lebih menggebu lagi, karena dua hari sebelumnya, mereka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72, pada15 Agustus 2022.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Bekasi tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak lomba dan kegiatan yang digelar. 

Komando Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan untuk meramaikan Hari Jadi Kabupaten Bekasi dari tingkat Kabupaten sampai tingkat desa, disambut antusias oleh warga. 

Tagline "Kabupaten Bekasi Makin Berani", mantapkan kinerja dalam bekerja dan melayani, yang diserukan oleh Dani Ramdan, seperti memunculkan energi baru, yang mampu membangkitkan semangat para pejabat, pegawai pemerintah bahkan masyarakat biasa. 

Pengucapan slogan yang diikuti oleh gerakan tangan menyilang di dada itu, sepertinya bukan hanya sekedar teriakan seru-seruan dan asal ramai. Tapi mampu memantik semangat, dan membangkitkan keyakinan bahwa Kabupaten Bekasi bisa lebih baik dan lebih maju dari hari ini. 

Maka untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Bekasi tahun ini, digelarlah berbagai lomba. Tidak hanya sekedar lomba, tapi ada pesan dan edukasi yang disampaikan kepada seluruh masyarakat dan generasi muda. 

Untuk mendorong kebersihan, keindahan dan keamanan lingkungan, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meluncurkan Lomba Kampung Bersih Makin Berani, yang viral hingga ke tingkat RW. Sampah dibersihkan, taman diindahkan, Pos Kamling difungsikan. Semua warga ikut berlomba, dari perkampungan hingga perumahan. 

Di jalur pendidikan, anak-anak SMP se-Kabupaten Bekasi, "dipaksa" belajar tentang sejarah dan budaya Bekasi, dengan menggelar Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan dan KeBekasian. Termasuk mengenalkan bahasa asli Bekasi, yang selama ini asing di telinga para milenial. 

Tak hanya diajak belajar teori, para generasi muda Kabupaten Bekasi juga langsung diajak turun ke jalan, mengikuti Kirab Kebangsaan. 

Menyusuri tempat-tempat bersejarah, mulai dari makam Singa Karawang-Bekasi, KH Noer Ali, Gedung Juang, Makam KH Ma'mun Nawawi, Masjid Al-Mujahidin Cibarusah dan lokasi lain yang terkait dengan sejarah berdirinya Kabupaten Bekasi. 

Untuk memperkuat religiusitas masyarakat, Pemkab Bekasi di bawah komando Dani Ramdan, pada malam puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72, menggelar Istighosah bersama Maulana Al-Habib Luthfi bin Yahya. Ribuan warga pun tumpah ruah hadir dan berzikir di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi. 

Selain itu, banyak lagi lomba dan kegiatan positif yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72. Semuanya terekam dalam jejak digital yang tersebar di media online, sosial media dan live streaming yang hadir di dunia maya. 

Hari ini, rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 dan HUT RI ke-77 sudah selesai. Para pegawai kembali ke meja kerja. Masyarakat pun kembali melanjutkan aktivitasnya. Namun tangan-tangan mereka masih menyilang di depan dada. 

Tagline "Kabupaten Bekasi Makin Berani" masih menggema di seantero Bekasi Raya. Kabupaten Bekasi bukan hanya sekedar tanah kelahiran, tapi sebuah Negeri Harapan yang harus terus diperjuangkan. 

Ekspektasi masyarakat terhadap kepemimpinan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan sepertinya begitu tinggi. Semua ingin dan berharap permasalahan di Kabupaten Bekasi bisa segera dituntaskan. 

Namun sebagai manusia biasa, Dani Ramdan tentunya mempunyai keterbatasan. Apalagi jika melihat begitu kompleksnya permasalahan di Kabupaten Bekasi, dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang begitu besar.

Seperti yang sering diucapkannya, dia bukan Superman. Untuk membangun dan menuntaskan permasalahan di Kabupaten Bekasi, dibutuhkan Super Team dan dukungan super dari seluruh masyarakat dan stakeholder. 

Semoga semua rencana aksi yang sudah dan akan dijalankan oleh Pj Bupati Bekasi, diberi kelancaran dan kemudahan, agar satu persatu simpul permasalahan di Kabupaten Bekasi dapat dituntaskan.  ***

* (Penulis : Yus Ismail)