OLIMPIADE TOKYO 2020

Tabel Perolehan Medali: China Masih Memimpin, Indonesia di Posisi 53

Tabel Perolehan Medali: China Masih Memimpin, Indonesia di Posisi 53
Ilustrasi (olympics.com)

WJtoday, Bandung - Raksasa Asia China masih memimpin tabel perolehan medali sampai Sabtu (31/7/2021). Sementara Kontingan Indonesia saat ini menempati posisi ke-53 dalam klasemen medali Olimpiade Tokyo 2020.

Kontingen tim Merah Putih belum mampu mendulang medali tambahan di hari ini setelah pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kalah di perebutan perunggu di nomor ganda putra badminton.

Ahsan/Hendra yang sempat unggul di gim pertama harus menyerah dalam permainan tiga gim 21-17, 17-21, dan 14-21 dari pasangan Malaysia Chia Aaron/Son Wooi Yik.

Selain itu, sprinter andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri juga gagal menembus semifinal Olimpiade Tokyo setelah hanya mampu finis kelima di heat empat di nomor 100m putra.

Zohri hanya mampu membukukan 10,22 detik atau terpaut 0,18 detik dari sprinter Afrika Selatan Gift Leotlela yang sukses meraih medali emas. Sementara medali perak dan perunggu masing-masing dimiliki Su Bingtian (China) dan Jason Rogers (Saint Kitts and Nevis).

Puncak klasemen perolehan medali masih dikuasai China dengan koleksi 21 emas, 13 perak, dan 12 perunggu. Sementara posisi keduaa dan ketiga masing-masing dihuni Jepang dan Amerika Serikat.

Rusia yang pada edisi kali ini menggunakan nama ROC berada di posisi keempat mengungguli Australia dan Inggris Raya yang masing-masing harus puas di posisi kelima dan keenam.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Filipina dan Thailand masih jadi negara dengan peringkat terbaik. Filipina dan Thailand sama-sama mengoleksi 1 emas dan duduk di posisi ke-40.

Adapun Malaysia naik ke peringkat ke-70 usai berhasil meraih medali pertamanya di Olimpiade Tokyo. Malaysia berhak mengemas medali perunggu lewat Chia Aaron/Son Wooi Yik yang sukses mengalahkan Ahsan/Hendra di nomor ganda putra badminton.

Indonesia dipastikan bakal memperoleh tambahan medali lewat Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang akan tampil di final ganda putri, Senin (2/8). Greysia/Apriyani akan menghadapi unggulan kedua asal China Chen Qingchen/Jia Yifan. ***

Tabel Perolehan Medali Sementara Olimpiade Tokyo 2020