Sudirman Jemaah Disabilitas: Badanku Seperti Ucok Baba, tapi Yakin Allah Melindungku

Sudirman Jemaah Disabilitas: Badanku Seperti Ucok Baba, tapi Yakin Allah Melindungku
Sudirman jemaah calon haji asal Kota Makassar secara fisik mungkin tidak sempurna seperti postur tubuh pria kebanyakan, namun dia memiliki tekad yang kuat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. (dok kemenag)

WJtoday, Bandung - Menunaikan ibadah haji adalah kewajiban bagi setiap Umat Islam yang mampu, baik dari segi kesehatan (fisik) dan ekonomi sebagaimana disebut pada rukun Islam yang kelima. 

Dalam pelaksanaannya, ibadah haji merupakan ibadah yang cukup berat, disamping membutuhkan biaya yang besar juga kondisi fisik harus sehat dan kuat. 

Kekuatan fisik tentunya tidak dilihat dari kesempurnaan bentuk tubuh yang dimiliki oleh seorang jemaah, namun dari kebugarannya. 

Seperti Sudirman, jemaah calon haji  asal Kota Makassar ini secara fisik mungkin tidak sempurna seperti postur tubuh pria kebanyakan, namun dia memiliki tekad yang kuat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. 

Pria kelahiran Makassar 37 tahun silam ini mengatakan dari hasil menabung selama bertahun-tahun, dia akhirnya mendaftar haji 12 tahun lalu, tepatnya 23 Agustus 2010 pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Makassar dan tahun ini berangkat ke tanah suci bersama seorang tante, saudara dari ibunya. 

Sudirman yang mengaku telah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak ini seyogianya berangkat ke tanah suci tahun ini bersama ibunya, namun karena regulasi yang menentukan batas usia maksimal 65 tahun sehingga ibunya batal berangkat. 

Pengusaha Counter HP di Makassar dan Malili Luwu Timur ini mengatakan tidak ada kekhwatiran sedikitpun dalam melaksanakan ibadah haji karena diyakininya Allah SWT akan memberi kekuatan baginya. 

"Insya Allah saya siap melaksanakan ibadah haji. Memang badanku tidak sempurna seperti Ucok Baba kodong tapi yakin Allah akan melindungiku,", ucap Sudirman, dikutip dari keterangan tertulis Kemenag, Minggu (19/6/2022).

Diketahui, Sudirman tergabung dalam kloter 1 bersama 208 orang jemaah calon haji dari Kota Makassar dan akan diberangkatkan ke tanah suci dini hari nanti, Jumat (17/6)  pukul 00.30 WITA.  ***