Striker Ajax Sebastien Haller Sementara Top Skor Liga Champions

Striker Ajax Sebastien Haller Sementara Top Skor Liga Champions
Sebastien Haller. (uefa.com)

WJtoday, Bandung - Ajax Amsterdam membuka kampanye mereka di Liga Champions musim ini dengan sempurna. Raksasa asal Belanda itu sukses melumat Sporting CP ketika bertandang ke Estádio José Alvalade, Kamis (16/9/2021) dini hari WIB.

Tampil sebagai tim tamu, Ajax malah berpesta di hadapan suporter tuan rumah, dengan kemenangan telak 5-1 dicatatkan skuad arahan Erik ten Hag tersebut. Yang jadi bintang adalah sosok Sebastien Haller, dengan empat gol ia kemas.

Dengan koleksi tersebut, Sebastien Haller untuk sementara memimpin daftar top skor Liga Champions 2021/2022.

Haller catatkan rekor sebagai pemain yang mampu mencetak empat gol sekaligus dalam laga debutnya di Liga Champions, dan hal itu pernah dilakukan Van Basten seorang. Sejarah itu diukir Van Basten ketika ia membela AC Milan, musim 1992/93.

Selain menyamai catatan manis Van Basten, Haller juga menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol dalam rentang waktu sembilan menit pertama, dalam ajang Liga Champions. Menariknya, Haller mencetak gol dengan kepala, kaki kanan, dan kaki kiri, lengkap sudah.

Pemain asal Prancis yang musim lalu membela West Ham tersebut unggul satu gol atas penyerang RB Leipzig Christopher Nkunku.

Berbeda dengan Haller yang mencetak lebih dari satu gol dan membawa timnya menang, Nkunku gagal membawa Leipzig mengatasi perlawanan Manchester City. Nkunku memborong semua gol Leipzig  ketika kalah 3-6 dari Man City.

Baca juga: Hasil Lengkap Liga Champions: Man City dan Madrid Menang, PSG Imbang

Haller dan Nkunku melewati catatan gol Robert Lewandowski yang kemarin memimpin daftar top skor Liga Champions dengan dua gol. Lewandowski mencetak brace ke gawang Barcelona ketika Bayern Munchen menang 3-0.

Selain Haller, Nkunku, dan Lewandowski, terdapat 33 pemain lain yang mencetak satu gol. Nama-nama tenar yang sudah mencetak satu gol antara lain adalah Cristiano Ronaldo, Romelu Lukaku, Alvaro Morata, Mohamed Salahdan Erling Haaland.

Sementara ada pula kandidat-kandidat top skor Liga Champions lain yang belum mencetak gol pada matchday pertama seperti Neymar, Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Karim Benzema.

Matchday kedua Liga Champions 2021/2022 akan berlangsung pada 28 dan 29 September.

Top Skor Sementara Liga Champions 2021/22

4 gol: Sebastien Haller (Ajax)
3 gol: Christopher Nkunku (RB Leipzig)
2 gol: Robert Lewandowski (Bayern Munchen).  ***