Spanyol Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti 3-1 (1-1)

Spanyol Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti 3-1 (1-1)
Spanyol berhasil melaju ke semi final Euro 2020 usai kalahkan Swiss 3-1 (1-1) lewat adu penalti, sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. (twitter uefa)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Spanyol harus bekerja keras selama 120 menit untuk mengalahkan Swiss 3-1 melalui adu penalti, setelah imbang 1-1 di waktu normal, pada laga  babak perempat final Euro 2020, di St Petersburg Stadium, Rusia, yang berakhir pada Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Mengurung sejak awal pertandingan dimulai, Spanyol unggul 1-0 di babak pertama lewat gol bunuh diri Denis Zakaria di menit kedelapan. Gol ini bermula dari tendangan keras Jordi Alba dari luar kotak penalti.

Bola lalu menyentuh kaki Zakaria dan berubah arah. Kiper Swiss, Yann Sommer mati langkah akibat hal itu dan tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Terlepas dari gol tersebut, Spanyol juga tak punya banyak peluang emas dan hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran yaitu sundulan Cesar Azpilicueta. Sedangkan Swiss juga tidak bisa menghadirkan ancaman dan tidak mampu mencatat tembakan tepat sasaran sama sekali.

Masuk ke babak kedua, Luis Enrique yang belum puas dengan lini serang memutuskan menarik keluar Alvaro Morata dan Pablo Sarabia untuk digantikan Gerard Moreno dan Daniel Olmo.

Swiss terlihat lebih banyak menekan di awal babak kedua. Zakaria hampir mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-56 tetapi sundulannya melebar tipis di sisi kanan gawang.

Pada menit ke-65, Swiss mendapatkan peluang emas berikutnya lewat kerja sama Ruben Vargas dengan Steven Zuber. Zuber bisa melepaskan tendangan dari jarak dekat tetapi mampu dibendung oleh Unai Simon.

Usaha Swiss akhirnya membuahkan hasil di menit ke-68. Kesalahan Aymeric Laporte dan Pau Torres dalam koordinasi dimanfaatkan dengan baik oleh Remo Freuler. Freuler mendapat bola dan mengoper pada Shaqiri. Shaqiri melepaskan tembakan akurat ke pojok kanan gawang tanpa bisa dijangkau oleh Unai Simon, 1-1.

Di menit ke-78, Swiss harus bermain dengan 10 orang usai Freuler terkena kartu merah langsung dari wasit Michael Oliver. Freuler dianggap melakukan tekel berbahaya pada Gerard Moreno.

Meski unggul jumlah pemain, Spanyol tak mampu menambah gol, demikian pula Swiss yang tak terlalu berani ke luar menyerang. Kedudukan 1-1 bertahan, babak perpanjangan waktu pun digelar.

Babak tambahan waktu Spanyol mengurung pertahanan Swiss. Sejumlah peluang tercipta, namun kiper Yann Sommer mampu hingga tujuh kali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Laga ditentukan dengan adu tendangan penalti.

Dari lima penendang Spanyol, dua pemainnya gagal mengeksekusi. Sedang Swiss hanya berhasil memasukkan satu tendangan dari empat pemain. Spanyol memastikan tiket ke semifinal Euro 2020 (Euro 2021) lewat tembakan Mikel Oyarzabal. Oyarzabal mengecoh Unai Simon dan membuat Spanyol menang 3-1.   ***