EURO 2020

Spanyol Menang 5-3 Lawan Kroasia dalam Laga Sengit di Parken

Spanyol Menang 5-3 Lawan Kroasia dalam Laga Sengit di Parken
Spanyol berhasil melaju ke babak perempat final Euro 2020 usai mengalahkan Kroasia 5-3, Selasa (29/6/2021) dini hari. (twitter)

WJtoday, Bandung - DELAPAN gol tercipta saat Spanyol bertarung seru kontra Kroasia dan menang dengan skor 5-3 pada laga 16 besar Euro 2020 yang digelar di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, yang usai Selasa (29/6/2021) dini hari waktu Indonesia.

Sepak bola penuh dominasi yang menjadi ciri khas Spanyol dipertontonkan anak asuh Luis Enrique. Sebuah upaya shot on target pertama baru tercipta pada menit kesembilan melalui sundulan Koke yang memanfaatkan tendangan bebas Pablo Sarabia.

Di saat gencar menyerang sebuah blunder fatal justru dilakukan kiper Unai Simon yang gagal mengontrol back pass dari Busquets. Bola yang digulirkan sang kapten ke belakang justru berbuah gol bagi Kroasia karena sentuhan Simon yang tak sempurna. Kroasia memimpin 1-0 pada menit ke-20.

Gelombang serangan pada menit ke-38 menghasilkan gol untuk Spanyol. Sarabia memanfaatkan bola rebound dari tendangan Jose Gaya setelah sebuah kemelut di kotak penalti Kroasia. Kedudukan 1-1 dan bertahan hingga paruh waktu.

Babak kedua kembali Tim Matador memegang kendali permainan, dan hasilnya pada menit ke-57 mpan silang Ferran Torres disambut sundulan Azpilicueta ke gawang Livakovic, 2-1 untuk Spanyol.

Meski sudah unggul anak asuh Luis Enrique tak mengendorkan serangan, dan memetik hasilnya melalui gol Feran Torres di menit ke-76. Torres yang bebas di sayap kanan Kroasia usai menerima umpan dari Gaya mampu mengecoh pemain belakang dan ceploskan bola ke gawang, 3-1.

Unggul dua gol membuat Kroasia meningkatkan serangannya, dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui gol Mislav Orsic di menit ke-85, dan tandukan Mario Pasalic di menit ke-2 tambahan waktu. Kedudukan 3-3 memaksa laga dilanjutkan melalui perpanjangan waktu.

Laga tambahan waktu diwarnai saling tukar serangan, pemain Kroasia yang mulai menemukan kepercayaan diri mulai bermain terbuka. Namun ini menjadi bumerang, mereka mulai kehabisan stamina.

Dua gol kembali mampu dilesakkan Spanyol melalui skema cepat serangan balik lewat gol Alvaro Morata di menit ke-100, serta Mikel Oyarzabal pada menit ke-103. Skor 5-3 untuk Spanyol dan bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini Morata dkk memastikan diri melaju ke babak perempat final dan akan berhadapan dengan pemenang pertandingan antara Prancis vs Swiss.   ***