'Space Jam: A New Legacy' Dikritik Habis-habisan

'Space Jam: A New Legacy' Dikritik Habis-habisan
Space Jam: A New Legacy. (warner bros.)

WJtoday, Bandung - FILM Space Jam: A New Legacy yang baru dirilis tampak tidak berhasil memuaskan para kritikus. Mayoritas ulasan kritikus yang dihimpun laman agregator Rotten Tomatoes berisikan kritikan keras.

Salah satu kritik keras datang dari Mary Sollosi dari Entertainment Weekly. Menurutnya film yang menyajikan pertandingan basket ini tidak nyaman ditonton.

"Hal mengenai bola basket: sangat nyaman ditonton. Hal mengenai Space Jam: A New Legacy: tidak (nyaman ditonton)," penggalan ulasan oleh Sollosi, dikutip dari Rotten Tomatoes, Jumat (16/7/2021).

Penilaian serupa disampaikan Clarisse Loughrey sebagai kritikus film dari Independent. Baginya Space Jam: A New Legacy membosankan dan seperti disutradarai oleh orang yang bermasalah.

"Space Jam: A New Legacy memberikan kita satu waralaba yang bagus sebelum menjadi memuakkan. Selebihnya terasa seperti disutradarai oleh orang yang bermasalah," Loughrey.

Bahkan kritikus lain menilai bahwa Space Jam: A New Legacy hanya dibuat untuk mempromosikan merek dari rumah produksi Warner Bros. Mengingat film ini juga tayang di layanan streaming HBO Max yang menjadi bagian grup Warner.

"Space Jam pertama bukanlah film klasik yang seharusnya meredam ekspektasi (penonton). Bahkan dengan standar itu film yang dibuat karena tujuan pomosi ini kerap berlaga seperti versi Acme (dari Looney Tunes)," tulis Brian Lowry, kritikus film dari CNN.

Acme sendiri merupakan sebuah perusahaan fiksi dalam film pendek Looney Tunes yang menampilkan Road Runner dan Coyote. Perusahaan yang kerap menghasilkan produk gagal itu digunakan sebagai lelucon.

Selain Lowry, Marianka Swain sebagai kritikus dari dari Daily Telegraph juga memberikan kritik terkait promosi merek. Ia bahkan berpendapat bahwa penjahat dalam film ini adalah merek, bukan tim yang dilawan Looney Tunes.

"Penjahat super sebenernya di film ini? Sinergi merek," tulisnya

Space Jam: A New Legacy sendiri merupakan kelanjutan dari film legendaris Space Jam (1996). Dalam film ini bintang Los Angeles Lakers LeBron James jadi pemeran utama, menggantikan posisi Michael Jordan.

Film ini masih mengisahkan aksi mereka bermain basket melawan musuh di dunia Looney Tunes. Dalam trailer terlihat LeBron mengumpulkan pemain dan berlatih untuk menghadapi lawannya.  ***