Pentingnya Vaksinasi, Menkes: Lansia Tak Divaksin Bisa Meninggal Saat Kena Covid-19

Pentingnya Vaksinasi, Menkes: Lansia Tak Divaksin Bisa Meninggal Saat Kena Covid-19

WJtoday, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin terus mengingatkan pentingnya vaksinasi covid terutama bagi lansia. Pasalnya, lansia yang tidak divaksin berisiko meninggal lebih tinggi bila terkena covid-19.

“Kita sudah melakukan penelitian terhadap pasien Covid-19 yang meninggal, kita mengamati yang terkena varian Delta punya chance atau resiko 4 kali lipat lebih tinggi untuk meninggal dibandingkan pasien yang terkena Omicron,” ujar Menkes Budi, dalam siaran Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM, Senin (14/3/2022) Kemarin.

Menkes Budi menyebut, merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan dan terjadinya peningkatan angka kematian khususnya pada lansia serta orang-orang belum divaksinasi lengkap saat ini. Maka, percepatan vaksinasi jadi salah satu cara utama untuk mengurangi angka perawatan di rumah sakit dan juga kasus kematian.

“Memastikan percepatan vaksinasi, khususnya pada lansia, yang meninggal dan masuk rumah sakit di seluruh dunia. Seperti yang kita lihat di Hong Kong itu, lansia dan yang vaksinasinya belum lengkap. Sebab terbukti, mereka adalah populasi sangat rawan untuk masuk rumah sakit dan meninggal. Oleh karena itu, perlu sekali kita mensegerakan vaksinasi minimal dua dosis, idealnya malah tiga dosis untuk melindungi mereka,” tegasnya. ***