Soal Lokasi Balapan Formula E Diputuskan Jokowi, Ini Respons Anies Baswedan

Soal Lokasi Balapan Formula E Diputuskan Jokowi, Ini Respons Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

WJtoday, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membantah informasi lokasi gelaran balap mobil listrik Formula E di Jakarta ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Informasi itu sebelumnya dilontarkan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Masa lokasi (balapan Formula E diputuskan) presiden? Ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan presiden," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Anies mengatakan telah meminta pihak IMI untuk memberikan klarifikasi soal penentuan lokasi tersebut. Menurutnya, yang menentukan lokasi balapan adalah Formula E Operations (FEO), IMI, dan Jakpro.

"Nanti diklarifikasi. Nanti ada IMI statement resminya, yang nentukan itu ya FEO, IMI, Jakpro. 3 itu," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo (Bamsoet) membeberkan lima lokasi alternatif untuk gelaran Formula E di Ibu Kota. Lima lokasi itu adalah Pantai Indah Kapuk, Sudirman, Jakarta International Stadium (JIS), Jiexpo Kemayoran dan Ancol.

"Sudirman, PIK, JIS, Jiexpo Kemayoran, Ancol, ini yang akan kami suggest ke Presiden untuk memilih," kata Bamsoet di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021).

Sementara Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini meminta semua pihak untuk tak membawa-bawa Presiden Joko Widodo dalam urusan venue Formula E. Ia menegaskan Formula E adalah ranah Pemprov DKI Jakarta dan penyelenggara.

Faldo mengingatkan Formula E merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak awal. Ia meminta DKI bertanggung jawab penuh atas seluruh hal tentang balapan mobil listrik itu.

"Kan aneh juga, apa-apa nanti harus bertemu presiden terlebih dulu. Kan kita punya aturan dan prosedur. Itu saja ukurannya kita bernegara," kata Faldo dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11).***