Soal Insiden Kecelakan di MotoGP Aragon 2022, Ini Penjelasan Marc Marquez

Soal Insiden Kecelakan di MotoGP Aragon 2022, Ini Penjelasan Marc Marquez
Insiden Kecelakan di MotoGP Aragon 2022.(twitter)

WJtoday, Jakarta - Tiga pembalap harus keluar lintasan akibat alami insiden kecelakan dalam balapan di MotoGP Aragon 2022. Tiga pembalap itu adalah, Fabio Quartararo, Nakagami dan Marc Marquez.

Insiden pertama terjadi di tikungan ketiga, saat itu pembalap Quartararo menabrak bagian belakang motor Marquez. Pembalap Yamaha itu pun terpental dari motornya.

Sementara itu Marquez masih bisa melanjutkan balapan, walaupun sempat alami hilang keseimbangan. Insiden tersebut, membuat serpihan dari motor Quartararo tersangkut dimotornya.

“Benar bahwa saya sedikit kehilangan kendali bagian belakang motor dan saya menutup gas, tapi itu bukan hal besar. Masalahnya, Fabio sangat-sangat dekat karena mungkin dia ingin menyalip saya saat berubah arah di tikungan. Kami sudah sering mengalami kejadian ini di masa lalu.” kata Marquez, dilansir dari Motorsport, Selasa (20/9/2022).

“Saya memiliki sedikit gangguan karena Enea (Bastianini) dan Aleix (Espargaro) ada di sisi luar tikungan. Jalur balapan saya bagus dan saya hanya memiliki sedikit gangguan seperti yang biasa dialami akibat ban yang masih dingin. Itu murni kecelakaan balapan, sangat tak beruntung karena Fabio sangat-sangat dekat dan kemudian saya merasakan ada kontak,” jelas Marquez.

Setelah melanjutkan balapan, Marquez kembali alami insiden di tikungan ke 7. Saat itu, The Baby Alien merasakan ada yang aneh dengan motornya yang membuatnya melambat hingga bersenggolan dengan pembalap LCR Honda Nakagami.

“Dari sana (kecelakaan dengan Quartararo) semuanya bermula. Saat saya masuk tikungan 5, saya merasa ada yang aneh, ‘ada apa?’, lalu saya membuka gas saat melaju di tikungan 6,7, saya merasa baik-baik saja,” jelas Marquez.

“Pada tikungan 7, Nakagami menyalip saya lalu melebar, lalu saat saya berada di sisi dalam, dan sudah sedikit berada di depannya, saya memakai holeshot, namun setelahnya ban belakang saya terkunci.” sambungnya.

Marquez melihat kembali tayangan insiden tersebut, dan melihat ada serpihan keluar dari fairing.

“Saya mengecek tayangan kejadian itu dengan hati-hati dan bisa dilihat ada serpihan keluar dari fairing. Saat saya merasa ban terkunci, segalanya menjadi kacau. Ketika sisi kiri bagian belakang terkunci, saya tak lagi memiliki torsi.” katanya.

“Setelah kejadian itu (dengan Nakagami) saya akhirnya retired, tapi bukan karena insiden dengan Taka. Saya retired karena insiden dengan Fabio. Dua kejadian itu betul-betuk ketidakberuntungan,” pungkas Marquez.***