EURO 2020

Singkirkan Spanyol 4-2 (1-1) Lewat Adu Penalti, Italia ke Final Euro 2020

Singkirkan Spanyol 4-2 (1-1) Lewat Adu Penalti, Italia ke Final Euro 2020
Italia melaju ke final Euro 2020 usai menyingkirkan Spanyol 4-2 (1-1) lewat adu penalti, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. (twitter)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Italia memastikan diri melaju ke partai puncak Euro 2020 setelah berhasil menyingkirkan Spanyol 4-2 dalam adu penalti, usai bermain imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu, di Wembley Stadium, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Pada babak pertama, Spanyol menekan hampir sepanjang pertandingan, sementara Italia mengandalkan serangan balik melalui Insigne dan Chiesa. Namun meski saling serang, tak ada gol tercipta.

Babak kedua Spanyol langsung tancap gas, namun Italia yang unggul lebih dulu. Azzurri unggul lebih dahulu lewat gol Federico Chiesa pada menit ke-60 memanfaatkan bola liar yang gagal disapu bersih lini belakang Spanyol.

Pada menit ke-80 Spanyol berhasil menyamakan kedudukan lewat sontekan Alvaro Morata setelah memainkan umpan satu-dua dengan Daniel Olmo. Kedudukan 1-1 bertahan hingga laga usai, hingga ditentukan melalui adu tendangan penalti.

Manuel Locatelli yang jadi penendang pertama Italia gagal menjalankan tugasnya setelah tendangannya yang ke sisi kanan ditepis Unai Simon. Akan tetapi, Daniel Olmo juga tidak bisa memanfaatkan kesempatan membawa Spanyol unggul. Tendangan Olmo melayang di atas mistar gawang Donnarumma.

Andrea Belotti membawa Italia unggul. Meski terbaca, tendangan Belotti gagal diselamatkan Unai Simon. Gerard Moreno membawa skor penalti kembali imbang 1-1 usai sepakannya ke sisi kiri gagal dimentahkan Donnarumma.

Leonardo Bonucci kembali membawa Azzurri unggul 2-1. Sesaat kemudian, Thiago Alcantara mengubah skor jadi 2-2.

Federico Bernardeschi membuat Italia unggul 3-2. Morata yang jadi penyeimbang di waktu normal gagal mengubah skor. Tendangan Morata ke sisi kiri bisa ditepis Donnarumma.

Jorginho yang jadi penendang terakhir Italia sukses membawa timnya unggul 4-2 sekaligus memenangi pertandingan atas Spanyol. Italia lolos ke final Euro 2020 usai menang 4-2 atas Spanyol dalam adu penalti.

Pada babak final Italia akan menunggu pemenang antara Inggris versus Denmark yang laganya baru akan dimainkan di Wembley pada Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.   ***