Simbol Optimisme, Sandi Ajak Hotel di Garut Kibarkan Bendera Merah Putih

Simbol Optimisme, Sandi Ajak Hotel di Garut Kibarkan Bendera Merah Putih
Pengelola hotel di Garut mengibarkan bendera putih sebagai simbol menyerah.

WJtoday, Jakarta , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak seluruh hotel yang ada di Garut, Jawa Barat, mulai mengibarkan bendera merah putih.

Sandi mengatakan, bendera merah putih menjadi simbol optimisme untuk bangkit menghadapi pandemi COVID-19.

"Saya tahun lalu merasakan pariwisata Garut mengalami fenomena di tengah keadaan DKI yang saat itu PSBB. Garut saat itu menggeliat ada harapan dan optimisme. Saat itu melihat kebun jeruk, ada produk ekonomi kreatif seperti kopi dan tentunya Cipanas yang selalu menjadi daya tarik khusus," kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Jumat (23/7).

Sandi memastikan polemik pengibaran bendera putih sebagai simbol menyerah yang dikibarkan oleh pihak PHRI sudah diselesaikan oleh bupati dan stakeholder terkait.

"Saya begitu melihat kemarin, langsung berpikir setelah zoom, segera melaksanakan langkah-langkah utama dan kita berharap setelah PPKM Level 4 ini tereksekusi tapi keluar berita viral menggetarkan, saya mendapat telepon dari pimpinan untuk mendengarkan cerita sesungguhnya seperti apa," ucap Sandiaga.

Sandiaga Uno kemudian menyampaikan terima kasih kepada bupati dan stakeholder yang sudah merencanakan diskusi untuk menyelesaikan polemik itu.

"Saya mengapresiasi sudah ada kesepakatan yang ditandatangani, mudah-mudahan itu bisa dilanjutkan, untuk koordinasi dengan kami saya harapkan Pak Bupati bisa berkomunikasi dengan intensif melalui teman-teman kita yang ada di sana," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga memastikan, Kemenparekraf terus mendorong program anugerah desa wisata, program sentra vaksinasi. Sandiaga berharap ada kerja sama erat dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Garut.

Oleh sebab itu, Sandiaga meminta para pengelola hotel di Garut mengganti bendera putih dengan bendera merah putih dan menunjukkan optimisme bangsa Indonesia.

Sandiaga tak menampik, kondisi Indonesia saat ini dalam keadaan sulit. Namun Sandiaga yakin jika seluruh pihak bergandengan tangan, maka Indonesia akan kembali bangkit.

"Kemenparekraf akan memberikan satu sentuhan agar setiap hotel di Garut mengangkat bendera merah putih selama PPKM Level 4 ini," ucap Sandiaga.

Selain itu, pengibaran bendera merah putih ini menurut Sandiaga juga untuk menghadirkan semangat sebelum perayaan hari jadi RI pada 17 Agustus mendatang.

"Mudah-mudahan hotel-hotel dan restoran di Garut bisa mengibarkan bendera merah putih awal selama bulan Agustus ini dan menggantikan bendera putih yang membuat kami prihatin," kata Sandiaga.

"Saya akan menugaskan tim khusus untuk menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan kerja sama kita dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," tutup Sandiaga Uno.***