Sidang Kasasi Perkara Rizieq Shihab Digelar Hari Ini

Sidang Kasasi Perkara Rizieq Shihab Digelar Hari Ini

WJtoday, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) dijadwalkan akan menggelar sidang tingkat kasasi terhadap mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab untuk perkara kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (11/10).

"Ya dijadwalkan (hari ini), nanti diinformasikan kalau sudah putus," kata jubir MA, hakim agung Andi Samsan Nganro,Senin (11/10).

Dimana, kata Andi, untuk perkara kerumunan di Petamburan Rizieq sudah tidak lagi ditahan. Sedangkan pada perkara penyebaran berita bohong Rumah Sakit Ummi, pihak Mahkamah Agung masih menyiapkan majelisnya.

"Hanya yang diputus PT/PN 8 bulan (perkara Petamburan). Kan sudah jelas. Yang satu belum terbentuk majelisnya (RS Ummi)," jelasnya.

Lebih lanjut, dikutip dari laman website MA, tercantum perkara Rizieq 3705 K/PID.SUS/2021 yang dimohonkan JPU selaku pemohon kepada termohon/ terdakwa Moh. Rizieq Bin Sayyid Husein Shihab Alias Habib Muhammad Rizieq Shihab. Dengan susunan hakim P1, Desnayeti, Hakim P2 Soesilo, dan Hakim P3 H. Suhadi.

Kendati demikian dikonfirmasi secara terpisah, Anggota Kuasa Hukum Rizieq, Ichwan Tuankotta mengatakan, jika untuk hari ini klien akan menjalani sidang tingkat kasasi perkara RS Ummi

"Iya benar (hari ini), untuk perkara RS Ummi," kata anggota kuasa hukum Ichwan Tuankotta saat dikonfirmasi.

Ichwan menyampaikan untuk perkara Petamburan bukanlah dia yang mengajukan kasasi, melainkan jaksa penuntut umum. Dan untuk perkara tersebut telah sebagian kasasinya ditolak.

Hal itu menyusul telah dibebaskanya, mantan Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis serta terdakwa Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

"Dan klien kami sebagian kan sudah keluar. kemarin kyai Sobri dan kawan-kawan itu kasus Kerumunan Petamburan Acara Maulid," katanya.

"Sedangkan kasus RS ummi itu kita ajukan kasasi dari PH dan infonya hari ini akan di gelar sidangnya di MA," lanjutnya.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telah menguatkan vonis 8 bulan penjara terhadap Rizieq Shihab di kasus kerumunan Petamburan. Walaupun dalam kasus ini masa hukuman Rizieq telah selesai, tim jaksa penuntut umum tetap mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. .

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur tanggal 27 Mei 2021 Nomor: 221/Pid.Sus/2021/PN.Jkt.Tim yang dimintakan banding tersebut," bunyi putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta tersebut.***