Siap-siap, Bulan Depan Pengguna OS Jelly Bean Tak Bisa Lagi Update Aplikasi

Siap-siap, Bulan Depan Pengguna OS Jelly Bean Tak Bisa Lagi Update Aplikasi
Layanan untuk OS Jelly Bean, akan segera dihentikan Google. (Ilustrasi Photo)

WJtoday, Bandung - Bagi pengguna Android yang masih menggunakan sistem operasi (OS) Jelly Bean perlu diketahui, Google berencana akan menghentikan layanan Google Play untuk OS jadul tersebut setelah mereka merilis Play Services versi 21.30.99 yang bakal dirilis pada akhir Agustus mendatang.

Jelly Bean pertama kali di rilis pada Juli 2012 lalu. Ini membawa peningkatan besar seperti Project Butter, yang membuat UI berjalan lancar (dengan vsync pada 60 Hz).

Kemudian pada November pada tahun yang sama, perusahaan merilis Android 4.2 pada Nexus 4 dan 10 dengan perubahan antarmuka yang lebih besar ke Lock Screen dan Quick Settings. Rilis Jelly Bean terakhir adalah Android 4.3 pada Juli 2013 untuk Nexus 7 generasi ke-2. 

Dalam postingan di blog resminya Google menjelaskan kenapa mereka mengambil langkah ini. Menurut mereka, Android Jelly Bean yang dirilis pada 2012 tersebut kini penggunanya sudah sangat sedikit, kurang dari 1% dari total perangkat Android yang aktif.

Dengan jumlah pengguna yang sangat sedikit itu, Google merasa sudah perlu lagi menghabiskan sumber daya dan waktu developernya untuk mendukung Jelly Bean,

"Sejak itu Android telah merilis banyak peningkatan dan fitur yang tidak semuanya di-backport ke Jelly Bean. Hal ini menghasilkan peningkatan waktu pengembang dan QA yang dihabiskan untuk fitur baru yang memerlukan penanganan khusus. Oleh karena itu, kami menghentikan dukungan untuk Jelly Bean dalam rilis layanan Google Play di masa mendatang," ungkap pihak Google.

Android Jelly Bean mempunyai tiga versi, yaitu 4.1, 4.2, dan 4.3, dan mempunyai level API 16 sampai 18.

Untuk tetap mendukung Play Services, Google menyarankan developer untuk menaikkan level API-nya ke minimal level 19 yang dipakai di Android KitKat.

"Perangkat Android dengan level API di bawah 19 persentasenya sangat kecil. Kami percaya kalau perangkat lama ini sudah tak lagi aktif digunakan," tulis Google.

Sebagai informasi, pengguna yang masih menggunakan perangkat lama masih dapat menginstal aplikasi versi terbaru di Google Play, tetapi tidak bisa melakukan update pada aplikasi tersebut.***