OLIMPIADE TOKYO 2020

Sepakbola Olimpiade: Argentina dan Prancis Telan Kekalahan

Sepakbola Olimpiade: Argentina dan Prancis Telan Kekalahan
Argentina di luar dugaan kalah 0-2 dari Australia pada cabang sepakbola Olimpiade Tokyo, Kamis 22/7/2021. (twitter)

WJtoday, Bandung - Australia di luar dugaan mampu meraih kemenangan atas Argentina 2-0 pada laga perdana Grup C Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar di Sapporo Dome pada Kamis (22/7/2021).

Kekalahan ini membuat Argentina menempati posisi juru kunci klasemen Grup C dengan raihan nirpoin. Argentina berada di bawah tiga pesaing mereka yakni Australia, Spanyol, dan Mesir.

Australia berhasil mengejutkan Argentina pada menit ke-14 melalui sontekan Lachlan Wales ke gawang kawalan Jeremias Ledesma itu setelah menerima umpan silang Mitchell Duke. Skor menjadi 1-0.

Upaya Argentina untuk menyamakan kedudukan justru terganggu karena Francisco Ortega diusir wasit setelah sang pemain mendapatkan kartu kuning karena mendorong salah satu pemain Australia pada masa injury time babak pertama.

Bermain dengan 10 orang membuat Argentina tak lagi bisa mendominasi permainan, yang dimanfaatkan Australia dengan menciptakan beberapa peluang berbahaya melalui Wales dan Riley McGree.

Tekanan yang dilakukan Australia berbuah hasil pada menit ke-79. Tendangan ke pojok kanan gawang yang diarahkan Marco Tilio dari luar kotak penalti berhasil membobol gawang Argentina. Kedudukan 2-0 bertahan hingga laga usai untuk kemenangan Australia.

Pada laga lainya, Prancis menelan kekalahan cukup telak 1-4 dari Meksiko dalam laga perdana Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Tokyo. Semua gol tercipta pada babak kedua.

Meksiko hanya butuh dua menit untuk unggul 1-0 di babak kedua. Berawal dari umpan terukur Diego Lainez dari dalam kotak penalti, Alexis Vega mampu menyundul bola dengan tenang untuk mengoyak gawang Prancis yang dikawal Paul Bernardoni.

Unggul 1-0, Meksiko semakin gencar melakukan tekanan. Permainan agresif Meksiko membuat Prancis membuat kesalahan fatal pada menit ke-54.

Bola yang coba diumpan bek tengah Prancis, Pierre Kalulu mampu diblok pemain Meksiko. Bola liar kemudian dimanfaatkan Carlos Rodriguez untuk memberikan umpan lambung ke Sebastian Cordova yang tidak terkawal.

Cordova yang masuk ke kotak penalti dengan tenang melepaskan tendangan keras yang menaklukkan kiper Bernardoni untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Prancis mencoba untuk mengejar ketertinggalan. Upaya itu membuahkan hasil setelah pemain pengganti, Randal Kolo Muani dilanggar pemain Meksiko di kotak penalti.

Gignac yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas dengan baik. Ia berhasil membobol gawang Guillermo Ochoa untuk membuat skor jadi 1-2 pada menit ke-69.

Sebelas menit berselang, Meksiko berhasil menambah angka, kedudukan menjadi 3-1. Pemain pengganti Ariel Antuna mencetak gol lewat tendangan mendatar ke sisi kiri gawang Prancis dari dalam kotak penalti.

Meksiko semakin unggul pada masa injury time babak kedua. Eduardo Aguirre mencetak gol keempat untuk Meksiko melalui tembakan keras dari sudut sempit dan membuat skor berubah jadi 4-1 hingga babak kedua usai.   ***  (pam)