Seorang Pekerja Terinfeksi Covid-19, Satu Pabrik Hyundai di Korsel Ditutup

Seorang Pekerja Terinfeksi Covid-19, Satu Pabrik Hyundai di Korsel Ditutup
WJtoday.com - Hyundai Motor Company menutup satu pabriknya di Korea Selatan setelah seorang karyawannya dinyatakan positif terinfeksi virus corona jenis baru (covid-19). Saham produsen mobil tersebut langsung turun lebih dari 5% setelah kabar itu beredar.
"Perusahaan juga telah menempatkan para pekerja yang melakukan kontak dekat dengan karyawan yang terinfeksi dalam karantina dan mengambil langkah-langkah agar mereka menjalani tes kesehatan untuk mengetahui potensi penularan," jelas Hyundai dalam pernyataannya, Jumat (28/2/2020).
Korea Selatan memiliki pasien coronavirus jenis baru paling banyak di luar China daratan. Pada Jumat, otoritas setempat melaporkan 571 kasus baru, sehingga total yang terinfeksi menjadi 2.337.
Sejauh ini, Negeri Ginseng mencatat 13 kematian akibat covid-19.
Hyundai menambahkan bahwa mereka akan melakukan desinfektan di pabrik. Tidak disebutkan kapan produksi pada pabrik itu akan dilanjutkan.
Perusahaan tersebut mengoperasikan lima pabrik mobil di Kota Ulsan, yang berjarak kurang dari satu jam dari Daegu, episentrum wabah di Korea Selatan. Lima pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 1,4 juta kendaraan per tahunnya atau hampir 30% dari produksi global Hyundai.
Secara total, Hyundai mempekerjakan 34.000 pekerja di kelima pabrik tersebut. Pabrik yang ditutup memproduksi kendaraan sport seperti Palisade, Tucson, Santa Fe, dan Genesis GV80.
Sebuah pabrik yang dikelola oleh pemasok Hyundai, Seojin Industrial, juga sempat ditutup setelah seorang pekerjanya meninggal akibat coronavirus jenis baru. Pabrik itu dibuka kembali pada Rabu (26/2/2020).
Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung Electronics, pun dilaporkan menutup pabrik mereka di Kota Gumi pada akhir pekan lalu setelah seorang pekerjanya terjangkit covid-19. Pabrik tersebut dijadwalkan untuk melanjutkan produksi pada Senin (2/3/2020). ***