Sempat Hilang Kontak di Intan Jaya Papua, Pesawat Kargo Rimbun Air Berhasil Ditemukan

Sempat Hilang Kontak di Intan Jaya Papua, Pesawat Kargo Rimbun Air Berhasil Ditemukan
Pesawat Kargo Rimbun Air Berhasil Ditemukan

WJtoday, Jakarta - Pesawat kargo Rimbun Air hilang kontak dalam perjalanan dari Nabire ke Distrik Sugapa, Kab. Intan Jaya, Rabu (15/9/2021) pagi. Pesawat tersebut membawa material bangunan.

Setelah dinyatakan hilang kontak sejak pukul 07.37 WIT, Tim TNI akhirnya menemukan pesawat di sekitar pegunungan Intan Jaya, Papua. Hal itu diungkapkan Wadanyonif Mekanis 521/DY, Mayor Inf Edi Dipramono.

“Tadi pagi sesaat setelah pesawat jatuh. Ada heli carteran, kami minta tolong cari. Sekitar 1 jam akhirnya ditemukan,” kata Edi, Rabu (15/9/2021).

Edi lalu mengirimkan video penemuan heli tersebut. Video tersebut diambil lewat heli lain yang mereka mintai tolong untuk mencari keberadaan Rimbun Air. Tampak pesawat Rimbun Air jatuh dan rusak parah di antara pepohonan.

Dalam insiden tersebut, 3 kru pesawat dinyatakan hilang. Hingga saat ini belum diketahui kondiai ketiga kru pesawat.


Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak Bawa Sembako-Bahan Bangunan

Pesawat Rimbun Air yang hilang kontak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua dilaporkan tidak mengangkut penumpang.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal, pesawat berisi tiga awak, yakni Pilot, Co-Pilot, dan Teknisi Pesawat. Pesawat tersebut merupakan pesawat kargo.

"Pesawat Rimbun Air PK OTW berangkat dari Nabire ke Sugapa Kabupaten Intan Jaya dengan membawa barang Kargo (Bahan bangunan dan Sembako), dan tidak membawa penumpang," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/9).

Kamal menjelaskan, pesawat tersebut berangkat dari Kabupaten Nabire menuju Sugapa, Kabupaten Intan Jaya sekitar pukul 06.40 WIT.

"Pukul 07.37 WIT Airnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot sebelum hilang kontak," kata Kamal.

Menurutnya, hingga pukul 09.31 WIT, belum ada kontak dari pesawat Rimbun Air PK-OTW.

"Tim gabungan masih melakukan pencarian terkait hilangnya kontak Pesawat Rimbun Air PK-OTW," ujarnya.

Dikatakan Kamal, polisi terus berkoordinasi dengan pihak terkait, dan melakukan pencarian. Diduga Pesawat hilang kontak antara pos tanah becek-Cam 1 Bilogai kabupaten intan jaya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengonfirmasikan perihal hilang kontak pesawat Rimbun Air Cargo seri Twin Otter 300 PK-OTW di Kabupaten Intan Jaya.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu, mengatakan, identitas kru pesawat antara lain Hj. Mirza (Pilot), Fajar (Kopilot), dan Iswahyudi (teknisi).***