Selamat Ulang Presiden Jokowi ke 61 Tahun

Selamat Ulang Presiden Jokowi ke 61 Tahun
Presiden Joko Widodo (Veekteezy)

WJtoday, Jakarta - Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Ia merupakan anak sulung dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Tepat hari ini, Selasa 21 Juni 2022, merupakan hari kelahiran atau ulang tahun Jokowi. 

Jokowi memiliki nama kecil Mulyono. Ia merupakan putra sulung dari empat bersaudara yakni Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Jokowi kemudian menikah dengan dengan Iriana di Surakarta pada 24 Desember 1986. Dari pernikahan itu, keduanya memiliki dua putra dan satu putri yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Kecuali Kaesang, dua anaknya telah menikah dan memberikannya tiga orang cucu, yakni Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah, dan La Lembah Mirah.

Lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengawali karirnya sebagai pengusaha mebel. Kemudian, dia pun mengubah haluannya dengan berkarir di pemerintahan dengan menjadi Wali Kota Surakarta.

Selanjutnya, Jokowi melanjutkan karirnya di pemerintahan dengan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan berpasangan bersama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Tak sampai habis masa jabatannya, Jokowi pun didapuk menjadi Presiden pada tahun 2014. Saat itu, dia berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) dan berhasil mengalahkan pesaingnya yakni Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Dan pada 2019 kemarin, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden untuk periode keduanya. Didampingi KH Ma'ruf Amin, Jokowi berhasil memenangkan perhalatan Pilpres melawan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.***