Selain Pulau Jawa dan Bali, 45 Kabupaten/Kota Terapkan PPKM Level 4

Selain Pulau Jawa dan Bali,  45 Kabupaten/Kota Terapkan PPKM Level 4

WJtoday, Jakarta - Lonjakan kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia tak hanya terjadi di wilayah Jawa dan Bali. Lonjakan kasus tersebut juga terjadi di 45 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali. Sehingga Kabupaten/Kota tersebut akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

"Sebanyak 45 kabupaten/kota yang level 4 dan ini dilanjutkan," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyebut kenaikan tertinggi terjadi di Kota Medan. Salah datu penyebabnya adalah Kota Medan menjadi rumah sakit rujukan terhadap pasien Covid-19 di Sumatera Utara.

Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi. Selain Sumatra Utara, provinsi lain yang menjadi perhatian adalah Sulawesi Tengah, Riau, Gorontalo, dan Kalimantan Barat.

Sementara untuk level kabupaten/kota, selain Kota Medan, kota lain yang tinggi adalah Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, Banjar Baru, Tarakan, Jayapura, Kabupaten Sikka, Kabupaten Berau, dan Kabupaten Belitung.

"Ini adalah daerah-daerah yang kenaikannya tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daerah tersebut," terang Airlangga.***