Selain Penambahan Anggaran, Program Rutihalu Harus Tepat Sasaran

Selain Penambahan Anggaran, Program Rutihalu Harus Tepat Sasaran
Ilustrasi (pikiran rakyat)

WJtoday, Bandung - Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Buky Wibawa berharap pembangunan rumah tidak layak huni atau Rutilahu yang dilaksanakan sejumlah pemda di Jabar berjalan baik.

Dia juga mendorong pemerintah untuk menambah anggaran rutilahu agar pembangunan lebih lancar.

"Selain penambahan anggaran, hal lain yang penting adalah program ini harus tepat sasaran." kata Buky di Bandung, Kamis (3/6/2021).

Ia menegaskan terkait dengan pembuatan program pemerintah provinsi, harus melihat dari sisi azas keadilan masyarakat karena pihaknya menemukan ada beberapa program yang tidak tepat sasaran.

"Serta harus cermat dalam menggunakan anggaran sehingga bisa tepat sasaran dan lebih mementingkan kepentingan rakyat," tegas legislator dari Partai Gerindra ini.

Apalagi, dia menegaskan, masa pandemi  Covid-19 ini menambah beban masyarakat makanya ia menegaskan segala sesuatu harus tepat sasaran.  

Pemprov Jabar menganggarkan Rp560 miliar untuk memperbaiki 31.500 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) sepanjang 2021 di 27 daerah.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jabar Boy Iman Nugraha mengatakan, pihaknya menargetkan perbaikan 100.000 rutilahu dari 2018 hingga 2023. Hingga 2020, Pemprov Jabar sudah memperbaiki 30 ribu rutilahu.  ***