Sekjen Tegaskan Capres dari Gerindra Hanya Prabowo Subianto

Sekjen Tegaskan Capres dari Gerindra Hanya Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto (jawa pos)

WJtoday, Jakarta - Sekreraris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan, Ketua Umum Prabowo Subianto merupakan calon presiden tunggal dari partainya. Tidak ada nama lain yang akan diusung Gerindra pada pilpres 2024.

Pernyataan itu sekaligus merespons Relawan Kawan Sandi (RKS) di Cimahi, Jawa Barat yang mendeklarasikan dukungan terhadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno agar maju sebagai capres 2024. Sandiaga diketahui juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

"Capres dari Partai Gerindra hanya satu, tunggal, namanya Prabowo Subianto," ujar Muzani di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Muzani menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah melakukan konsolidasi internal, penguatan partai, dan kekuatan struktur partai. Hal ini juga untuk terus mengupayakan agar Prabowo bisa benar-benar menjadi capres.

"Itu yang sedang kami lakukan, karena sisa waktu yang ada sudah 2,5 tahun berjalan harus lebih maksimal lagi, sehingga itu yang sedang kami lakukan. Termasuk kami juga sedang berupaya bagaimana Pak Prabowo bisa betul-betul menjadi capres di 2024 yang akan datang," ujar dia.

Dari sejumlah hasil survei, tingkat elektabilitas Prabowo memamg kerap menempati posisi teratas. Seperti hasil survei SMRC terakhir Prabowo menempati peringkat pertama dengan 18,1 persen.

Kemudian, posisi kedua terdapat nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 15,8 persen, disusul nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 11,1 persen.

Tiga nama itu masih menduduki posisi tiga teratas sebagai calon presiden 2024. Sementara itu, di posisi berikutnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 4,8 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,6 persen.

Kendati demikian, dukungan publik pada Prabowo untuk menjadi presiden mengalami penurunan. Sementara dukungan terhadap Ganjar dan Anies justru

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah menyarankan PartaiGerindra melirik tokoh lain yang lebih muda ketimbang Prabowo Subianto untuk diusung sebagai calon presiden di pilpres 2024. Bisa Sandiaga Uno atau Anies Baswedan.

Menurutnya, tren pada Pilpres 2024 nanti adalah calon presiden yang lebih muda, sehingga Prabowo Subianto akan kesulitan.  ***