Sebelas Stadion Bakal Gelar Piala Eropa 2020, Mana Saja?

Sebelas Stadion Bakal Gelar Piala Eropa 2020, Mana Saja?
Stadion Allianz Arena di Munchen yang bakal dipergunakan gelar pertandingan Piala Eropa 2020

WJtoday, Bandung - Perhelatan akbar sepakbola Piala Eropa 2020 atau Euro 2020 akhir pekan ini akan segera dimulai. Piala Eropa 2020 kali ini akan berbeda dengan berbeda gelaran sebelumnya. Asosiasi Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memutuskan 11 kota di sebelas negara akan menjadi tuan rumah kejuaraan ini yang merayakan edisi ke-60.

Setelah tertunda selama kurang lebih setahun dari jadwal semula, UEFA memastikan Euro 2020 akan berlangsung 11 Juni hingga 11 Juli 2021. UEFA telah menunjuk 11 stadion sebagai lokasi pertandingan dan masing-masing stadion akan menjadi tempat pertandingan babak penyisihan grup, 16 besar, perempat final, semifinal, hingga partai final.

Ini adalah langkah yang baru kali ini diambil dan hanya akan satu kali dilakukan. UEFA akan kembali ke format sebelumnya pada Euro 2024 dengan Jerman menjadi satu-satunya negara tuan rumah.

Pada Piala Eropa kali ini sebanyak sebelas stadion bakal dipergunakan untuk menggelar pertandingan mulai penyisihan hingga babak final. Stadion apa dan di kota mana? berikut selengkapnya.

1. Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda
Johan Cruyff Arena akan menjadi penyelenggara tiga pertandingan Grup C serta salah satu dari 16 pertandingan terakhir turnamen ini. Terletak di ibu kota Amsterdam, stadion berkapasitas 54.990 kursi itu adalah markas tim Eredivisie Ajax dan timnas Belanda yang telah memainkan pertandingan di tempat tersebut sejak dibuka pada 1996.
Stadion ini dilengkapi dengan atap yang bisa dibuka dan sebelumnya menjadi tuan rumah lima pertandingan Euro 2000, serta menjadi panggung final Liga Champions 1998.

2. Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan
Stadion Olimpiade Baku akan menjadi salah satu tempat untuk pertandingan Grup A serta salah satu laga perempat final. Dibangun untuk European Games 2015, stadion tersebut menjadi saksi saat Chelsea menjuarai Liga Europa 2019 setelah mengalahkan Arsenal. Stadion berkapasitas 68.700 tempat duduk ini terletak di dekat Danau Boyukshor yang merupakan danau terbesar kedua di Azerbaijan.

3. Arena Nationala, Bukares, Rumania
Arena Nationala Rumania akan berbagi tugas sebagai tuan rumah Grup C dengan Johan Cruyff Arena serta menggelar salah satu pertandingan babak 16 besar Euro 2020. Stadion berkapasitas 55.600 orang itu terletak di Bukares dan merupakan rumah bagi Steaua Bucuresti serta tim nasional Rumania. Pada 2012, stadion itu menjadi tempat final Liga Europa yang dimenangkan Atletico Madrid setelah melawan Athletic Bilbao.

4. Wembley Stadium, London, Inggris
Wembley akan menjadi tuan rumah total delapan pertandingan Euro 2020 termasuk pertandingan babak 16 besar, semifinal dan final. Stadion tersebut juga akan menjadi tempat bagi tiga pertandingan Grup D yang berbagi tugas dengan Hampden Park Skotlandia.
Wembley pada awalnya hanya menjadi tuan rumah semifinal dan final, tetapi diberi tambahan empat pertandingan menyusul dicoretnya Brussel dan Dublin sebagai kota tuan rumah Euro 2020. Ini adalah salah stadion terbesar kedua di Eropa setelah Camp Nou milik Barcelona.

5. Puskas Arena, Budapest, Hungaria
Puskas Arena adalah stadion terbaru Euro 2020 setelah selesai dibangun pada 2019. Stadion berkapasitas 67.889 penonton itu akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan Grup F dan satu dari laga 16 besar.

6. Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark
Parken Stadium di Kopenhagen akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan Grup B dan pertandingan terakhir babak 16 besar. Stadion tersebut adalah basis tim nasional Denmark dan FC Copenhagen.
Parken adalah salah satu dari empat stadion abad ke-20 yang menjadi tuan rumah pertandingan Euro 2020 dan stadion terkecil Euro 2020 dengan kapasitas lebih dari 38.000 tempat duduk.

7. Hampden Park, Glasgow, Skotlandia
Meski bukan ibu kota Skotlandia, Glasgow adalah kota terbesar di negara tersebut. Hampden Park sendiri akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan Grup D dan satu pertandingan babak 16 besar. Stadion tersebut merupakan yang tertua digunakan dalam Euro 2020 dan menjadi kandang bagi timnas Skotlandia serta menjadi tempat berbagai final piala nasional.
Stadion berkapasitas 52.063 orang itu telah menjadi panggung untuk tiga final Piala Eropa (1960, 1976 dan 2002), dua final Piala Winners (1962 dan 1966), final Piala UEFA 2007 serta pertandingan sepak bola Olimpiade 2012.

8. Stadio Olimpico, Roma, Italia
Stadio Olimpico menggelar satu pertandingan perempat final Euro 2020 serta tiga pertandingan Grup A yang berbagi tugas dengan Stadion Olimpiade Baku. Stadion itu menjadi markas AS Roma dan Lazio dan menjadi tempat final Piala Eropa/Liga Champions pada empat kesempatan (1977, 1984, 1996 dan 2009) serta tuan rumah final Piala Eropa 1980 dan final Piala Dunia 1990.

9. Allianz Arena, Muenchen, Jerman
Stadion Allianz Arena akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan Grup F bersama Puskas Arena dan akan memainkan laga perempat final. Stadion berkapasitas 75.000 suporter itu adalah markas Bayern Muenchen dan timnas Jerman.

10. Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia
Stadion Krestovsky menjadi tuan rumah satu pertandingan perempat final Euro 2020 dan juga akan menjadi tempat untuk tiga pertandingan Grup B, serta tiga pertandingan Grup E.
Stadion tersebut dibangun untuk Piala Dunia 2018 di mana stadion ini menjadi tuan rumah tujuh pertandingan, termasuk perebutan tempat ketiga. Stadion ini adalah basis raksasa Rusia Zenit dan tim nasional Rusia kadang-kadang bermain di sana.

11. La Cartuja, Sevilla, Spanyol
Estadio de La Cartuja di Sevilla dipilih sebagai kota tuan rumah pada April 2021 menggantikan Bilbao. Terletak di selatan Spanyol, kadang-kadang stadion itu menjadi kandang timnas Spanyol dan akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan Grup E serta pertandingan babak 16 besar.
Stadion tersebut pernah dipakai untuk Kejuaraan Dunia Atletik 1999 dan sejak itu menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan terkenal, termasuk final Piala UEFA 2003 antara Celtic dan Porto.  ***