Sebaran Varian Delta di Indonesia: DKI Terbanyak, Disusul Jabar

Sebaran Varian Delta di Indonesia: DKI Terbanyak, Disusul Jabar
Ilustrasi (wjtoday/yoga enggar)

WJtoday, Bandung - Provinsi DKI Jakarta tercatat sebagai daerah dengan jumlah kasus mutasi virus SARS-CoV-2 varian DeltaB1617.2 terbanyak. Data hingga 7 Agustus 2021, ada 425 kasus varian Delta di Ibu Kota.

Setelah DKI Jakarta, Jawa Barat merupakan daerah dengan temuan kasus varian Delta terbanyak kedua dengan 280 kasus.

Lalu ada Jawa Tengah dengan 191 kasus, Kalimantan Timur 185 kasus dan Nusa Tenggara Timur dengan 51 kasus. Total ada 25 provinsi yang ditemukan kasus varian Delta.

Selain varian Delta, Kemenkes juga mencatat sebaran kasus varian B117 Alfa dan kasus varian B1351 Beta di sejumlah provinsi. Ketiga varian tersebut merupakan 'Variant of Concern (VoC)' alias varian yang diwaspadai oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara itu, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di sejumlah Rumah Sakit (RS) kabupaten/kota baik untuk isolasi maupun Intensive Care Unit (ICU) untuk pasien terpapar virus corona (covid-19) masih ada yang bertahan di 100 persen. Angka ini bertahan meski secara nasional kasus aktif covid-19 cenderung melandai.

Baca juga: Varian Delta Lebih Cepat Menular Pada Anak-anak

Data perkembangan BOR RS milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat terdapat 67 kabupaten/kota yang RS isolasi dan 77 RS ICU covid-19 masuk dalam kategori zona merah per 8 Agustus 2021. Kategori zona merah RS didasarkan pada BOR yang sudah mencapai 80-100 persen.

Adapun dari RS zona merah itu, Kemenkes mencatat terdapat 28 kabupaten/kota yang BOR RS untuk perawatan ICU mencapai 100 persen. Sementara 16 daerah lainnya juga mencatat BOR isolasi covid-19 yang mencapai 100 persen.

Adapun daftar daerah dengan BOR ICU maupun isolasi covid-19 yang sudah mencapai 100 persen di Pulau Jawa adalah:

1. Kota Sukabumi, Jawa Barat
2. Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
3. Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
4. Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta
5. Kota Madiun, Jawa Timur
6. Kota Batu, Jawa Timur.  ***