Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diprakirakan Bakal Cerah Berawan

Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diprakirakan Bakal Cerah Berawan
Ilustrasi (antara)

WJtoday, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin (11/10/2021).

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id  pada Senin (11/10), cuaca cerah berawan diperkirakan akan dialami oleh sejumlah daerah yakni Serang, D.I. Yogyakarta, Jakarta, Jambi, Bandung, Pangkal Pinang, Lampung, Palembang, Medan, Denpasar, Gorontalo, Banjarmasin, Samarinda, Mataram, Kupang, Mamuju, Makassar dan Kendari.

Sementara wilayah Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Padang, Tanjung Selor, Ambon, Jayapura serta Manokwari berpotensi berawan.

Selanjutnya wilayah yang akan mengalami cuaca cerah yakni Aceh, Surabaya, Palu, Manado dan Sofifi. Kemudian Bengkulu diperkirakan akan mengalami hujan ringan. Sementara Pekanbaru berpotensi berkabut.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Bandung dan Sekitarnya, Senin (11 Oktober), Waspada Hujan dan Angin Kencang

Untuk wilayah Jawa Barat, BMKG mengingatkan waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara sore hingga menjelang malam hari di Kab. Bogor, Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kota Bandung. 

BMKG juga memprediksi hujan akan mengguyur Kota Bandung siang hari, warga pun diimbau untuk sedia payung atau membawa perlengkapan jas hujan jika menggunakan kendaraan roda dua.

Pada pagi hari lagi Kota Bandung akan cerah berawan. Namun memasuki siang hari, BMKG memprediksi akan terjadi hujan sedang di lagit Kota Bandung hingga petang.

Kondisi serupa pun akan terjadi di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Akan tetapi, suhu udara di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat akan lebih terasa dingin karena berada dikisaran 19-30 derajat celcius.  ***