Suntik Vaksin Anak 6-11 Tahun Dilakukan Setelah Vaksinasi Nasional Capai 70 Persen dan Lansia 60 Persen

Suntik Vaksin Anak 6-11 Tahun Dilakukan Setelah Vaksinasi Nasional Capai 70 Persen dan Lansia 60 Persen
ilustrasi./twitter

WJtoday, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Sinovac untuk anak 6 hingga 11 tahun. Namun, pemerintah belum menentukan waktu pasti dimulainya vaksinasi Covid-19 pada kelompok umur tersebut.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan vaksinasi Covid-19 pada anak 6 hingga 11 tahun dilakukan setelah vaksinasi nasional mencapai lebih dari 70 persen dan vaksinasi pada lansia di atas 60 persen.

"Vaksinasi anak usia 6 sampai dengan 11 tahun dilakukan setelah cakupan vaksinasi dosis pertama secara nasional telah melebihi 70 persen dari total sasaran vaksinasi dan lebih dari 60 persen populasi lansia," jelasnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/11).

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 pada anak 6 hingga 11 tahun dimulai dari kabupaten dan kota yang sudah mencapai target vaksinasi umum di atas 70 persen dan vaksinasi lansia lebih dari 60 persen. Nantinya, target sasaran vaksinasi anak 6 hingga 11 tahun mencapai sekitar 26,4 juta orang dengan kebutuhan 2 dosis per orang.

"Vaksinasi pada target akan menjadi wajib dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya mengingat kegiatan aktivitas sosial masyarakat, termasuk di sektor pendidikan secara bertahap kembali berjalan normal," sambungnya.

Kementerian Kesehatan sedang menyiapkan mekanisme pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6 sampai 11 tahun.

"Sementara kita menyiapkan pelaksanaan teknisnya, termasuk seperti prosedur skrining dan prosedur vaksinasinya," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, Selasa (2/11).

Sembari menyusun pedoman pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak 6 sampai 11 tahun, Kementerian Kesehatan meminta rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan organisasi profesi kesehatan lainnya.

"Sambil kita mengupayakan ketersediaan tambahan vaksin untuk sasaran 6-11 tahun," sambung Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 ini.

Nadia menambahkan, saat ini Kementerian Kesehatan fokus mempercepat vaksinasi pada masyarakat di atas 12 tahun. 

BPOM menerbitkan EUA vaksin Sinovac untuk anak 6 hingga 11 tahun pada Senin (1/11). Penerbitan izin ini setelah mengevaluasi data keamanan berdasarkan hasil uji klinik fase 1-2 dan fase 2b vaksin Sinovac pada anak.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan imunogenisitas vaksin Sinovac pada anak sebesar 96 persen. Sementara efikasi vaksin Sinovac sama seperti sebelumnya yakni 65 persen.

"Aspek keamanan saya kira menunjukkan bahwa vaksin ini aman untuk anak 6 sampai dengan 11 tahun," tegas Penny.***