Sandiaga Uno Emban Jabatan Menparekraf, Gantikan Wishnutama Kusubandio

Sandiaga Uno Emban Jabatan Menparekraf, Gantikan Wishnutama Kusubandio
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno
WJtoday, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno akhirnya masuk Kabinet Indonesia Maju. Sandiaga resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

"Semua sudah tahu, Bapak Sandiaga Uno. Beliau dulu wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan sekarang beliau akan diberikan tanggung jawab di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," Kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (22/12).

Masuknya Sandiaga Uno ini secara otomatis menggeser posisi Menparekraf yang sebelumnya dijabat Wishnutama Kusubandio.


Wishnutama di akun instagramnya menuliskan ucapan selamat kepada Sandiaga.

"Alhamdulillah mas @sandiuno telah terpilih menggantikan saya untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif."

"Saya yakin dibawah kepemimpinan Mas Sandi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat segera bangkit bahkan bisa jauh lebih baik dari sebelumnya. Selamat mas @sandiuno semoga sehat selalu dan sukses membawa @kemenparekraf.ri menjadi maju kedepan, Aamiin YRA " tulis Wishnutama Kusubandio.

Faktor Ini Jadi Alasan Sandiaga Mau Dipinang Sebagai Menparekraf
Masuknya nama Sandiaga Uno sebagai Menparekraf diyakini berkat campur tangan Partai Gerindra yang menaunginya.

"Tentu saja SU (Sandiaga Uno) masuk kabinet atas dasar saran dan kehendak partai," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, Selasa (22/12).

Ada faktor taktis dan strategis yang disinyalir mendasari Sandiaga menerima tawaran presiden Joko Widodo untuk masuk ke Kabinet Indonesia Maju setelah sebelumnya kerap menolak untuk masuk pemerintahan.

Bila Sandiaga sukses menjabat Menparekraf, maka hal tersebut akan menguntungkan posisinya di kalangan milenial.

"Jabatan di Menteri Pariwisata akan memudahkan SU berhubungan dengan kaum milenial yang memang jadi pemilih mayoritas pada pilpres yang akan datang," tuturnya.

Kedua, lanjut Ray, jika tidak ada pergeseran jabatan di Gerindra, maka posisi Sandiaga Uno sebagai anggota kabinet akan menguatkannya di lingkungan partai.

"Hal positif ini bisa jadi pertimbangan," katanya.

Ray menambahkan, kemungkinan lain Sandiaga menerima tawaran menteri karena diminta langsung oleh Presiden Jokowi.

"Ada kemungkinan hal ini menjadi salah satu permintaan pak Jokowi. SU masuk menjadi salah satu anggota kabinet," demikian pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Selain Sandiaga, Jokowi juga menunjuk Tri Rismaharini sebagai Mensos, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menag, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan M Luthfi sebagai Mendag.***