Singapore Badminton Open 2022

Sabar/Reza dan Febriana/Amalia Melaju ke Perempat Final Singapore Open 2022

Sabar/Reza dan Febriana/Amalia Melaju ke Perempat Final Singapore Open 2022
Ganda Putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani. (PBSI)

WJtoday, Jakarta - Ganda putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani, dan Ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi melaju ke babak perempat final Singapore Open 2022.

Sabar/Reza berhasil tumbangkan wakil Malaysia, Goh V. Shem/Low Juan Shen, dan Febriana/Amalia kalahkan wakil Thailand, Pichamon Phatcharaphisutsin/Nannapas Sukklad.

Bermain di Singapore Indoor Stadium, Kamis (14/7/2022). Sabar/Reza tumbang Goh/Low dengan skor 21-11 dan 21-18 dalam tempo 27 menit, dan Febriana/Amalia kalahkan Pichamon/Nannapas dengan skor 21-13 dan 21-9 dalam waktu setengah jam.

Jalannya Pertandingan 

Sabar/Reza tampil apik sejak awal pertandingan. Dengan permainan menyerang, mereka mendulang banyak poin untuk unggul 7-3.

Smash-smash keras dan bola-bola mendatar terus dilancarkan pasangan non-pelatnas tersebut pada Goh/Low. Hasilnya, mereka memimpin cukup jauh pada interval set pertama dengan skor 11-5.

Usai rehat, Sabar/Reza tak mengendurkan serangan. Mereka terus bermain dalam tempo cepat dan jarang sekali memberi kesempatan pada pasangan Negeri Jiran untuk menyerang. Mereka pun terus menjauh dengan keunggulan 16-8.

Dominasi pasangan Merah-Putih pun tak sanggup lagi dibendung oleh Goh/Lai. Alhasil, Sabar/Reza mengamankan set pertama dengan skor telak 21-11.

Pada set kedua, pertandingan berlangsung sengit dengan skor imbang terus terjadi hingga menginjak angka 4-4. Namun, setelah itu Sabar/Reza bisa menjauh dengan selisih empat angka, yakni 8-4.

Akan tetapi, Goh/Low tak menyerah begitu saja dan bisa menyamakan kedudukan menjadi 10-10. Namun, smash keras dari Reza membuat Sabar/Reza unggul 11-10 pada interval set kedua.

Selepas jeda, Sabar/Reza bisa memegang kendali permainan. Dengan variasi serangan dropshot tajam dan juga smash keras, mereka mampu membuat Goh/Low kocar-kacir dan mereka terus memimpin dengan skor 16-12.

Namun, lagi-lagi Goh/Low bisa bangkit dan memangkas jarak menjadi satu poin saja di angka 18-19. Untungnya, Sabar/Reza bermain dengan gemilang di poin-poin kritis dan sukses mengamankan kemenangan pada set kedua dengan skor 21-18.

Dengan hasil tersebut, Sabar/Reza mengamankan satu tiket ke perempat final turnamen Super 500 itu. Selanjutnya mereka akan bertemu dengan pemenang laga antara unggulan kelima asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Eee Yi dengan Lu Ching Yao/Yang Po Han dari Taiwan.


Sementara itu, Febriana/Amalia mendapatkan perlawanan sengit dari Pihamon/Nannapas sejak awal pertandingan. Mereka saling jual beli serangan hingga skor imbang terus terjadi sampai menginjak angka 4-4.

Namun, setelah itu serangan yang dilepaskan pasangan Merah/Putih jauh lebih efektif dari sang lawan. Alhasil, mereka unggul dengan selisih lima angka, yakni 11-6 pada interval set pertama.

Terus menekan, Febriana/Amalia membuat Pichamon/Nannapas kesulitan untuk mengembangkan permainan. Hasilnya, mereka terus menjauh dari kejaran pasangan Negeri Gajah Putih untuk dengan skor 15-8.

Permainan gemilang duet Srikandi Garuda itu pun terus berlanjut hingga set pertama usai. Mereka mengamankannya dengan kemenangan cukup telak, yakni 21-13.

Pada set kedua, Ana/Tiwi tampil sangat apik dengan variasi serangan yang tidak monoton. Mereka pun langsung tancap gas untuk unggul jauh dengan skor 8-1.

Setelah itu, Pichamon/Nannapas beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Alhasil, Ana/Tiwi menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-3.

Usai rehat, pasangan Merah-Putih terus mendulang poin demi poin dengan mudah. Mereka meninggalkan sang lawan dengan selisih 10 angka, yakni 16-6.

Dominasi Ana/Tiwi pun tak dapat terbendung lagi sesudah itu. Mereka sukses mengunci kemenangan pada set kedua dengan skor 21-9 sehingga berhak ke perempat final Singapore Open 2022.***