Ridwan Kamil Mulai Buka Komunikasi dengan Petinggi Parpol

Ridwan Kamil Mulai Buka Komunikasi dengan Petinggi Parpol
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

WJtoday, Bandung - Nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mencuat sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kang Emil —sapaan Ridwan Kamil— sendiri tidak menampik ketertarikannya untuk maju sebagai Capres di Pemilu 2024 mendatang. 

Terkait persiapannya, ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan sejumlah petinggi partai politik (Parpol).

"Definisinya itu bukan didekati parpol tapi lebih menjalin komunikasi," ujar Emil saat berkunjung di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (3/6/2021).

Ia menuturkan, dalam berpolitik, dirinya berprinsip menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan. Tidak hanya petinggi parpol saja, tapi juga mulai dari masyarakat lapisan bawah.

“Dari pedagang, pengusaha, serta berbagai elemen masyarakat lainnya. Saya tidak pilih-pilih orang untuk berteman maupun menjalin komunikasi. Toh, nantinya merekalah yang akan membantu kita dalam kontestasi politik ke depan,” terangnya.

Untuk petinggi parpol, Emil mengaku telah menjalin komunikasi dengan sejumlah petinggi parpol. Sebut saja, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Lalu, Jumat ini, saya ada pertemuan dengan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono). Juga ada jadwal juga dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Sucipto. Tapi ya kita silaturahmi saja. Kalau masalah chemistry (berpasangan) itu bonus saja," bebernya.

Begitupun saat ditanya untuk memilih berpasangan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atau Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ridwan Kamil secara tegas mengaku keduanya merupakan sahabat dekatnya.

"Semuanya sahabat. Maju atau tidaknya saya juga tergantung partai. Yang jelas saya saat ini fokus meningkatkan kinerja dan menyelesaikan visi misi," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel yang juga Ketua DPW Partai NasDem Sumsel Herman Deru menuturkan sosok Kang Emil tanpa disadari merupakan sosok yang banyak diperbincangkan seluruh masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali di Sumsel. Sepanjang blusukan di Palembang, banyak masyarakat yang mengenali dirinya.

"Dari kacamata saya, partai kami butuh orang yang memang nalurinya dekat dengan masyarakat. Tidak sekedar akting. Kang Emil sosok yang seperti itu," pungkasnya. ***(agn)